Hagia Sophia

11 May 2023

Coldplay Gelar Konser di Jakarta, Euforia Berlebihan Bisa Jantungan

Konser perdana Coldplay di Jakarta membuat sebagian penggemar 'jantungan'. (Foto: coldplayinjakarta.com)

Kabar Coldplay mengadakan konser perdana di Indonesia membuat banyak orang merasakan euforianya. Para penggemar sudah siap 'ngewar' tiket, tak mau ketinggalan kesempatan tersebut.

Coldplay rencananya bakal manggung di Jakarta, 15 November mendatang. Penjualan tiket dibagi dua periode yakni 17-18 Mei, dan 19 Mei 2023.

"Orang lagi kerja, ada aja gembar gembor Coldplay, lgsg jantungan HAHAHAHA," komentar salah satu netizen di Twitter, seperti dilihat detikcom Rabu (10/5/2023).

"Tiba-tiba notif nongol Coldplay mau konser, dada mau meledak, jantungan banget bacanya," reaksi netizen lain.

Benarkah Euforia Berlebihan Bikin Jantungan?

Spesialis jantung dari RS Siloam Kebon Jeruk dr Vito A Damay, SpJP membenarkan hal tersebut. Risiko 'jantungan' pada sejumlah kelompok akibat euforia berlebihan sangat mungkin terjadi.

"Euforia berlebihan bisa memicu serangan jantung pada orang yang memiliki plak aterosklerosis. Orang mungkin mengira hanya stres berlebihan memicu serangan jantung, namun bukan hanya stres atau sedih berlebihan saja, senang berlebihan pun bisa memicu," terang dia kepada detikcom Rabu (10/5/2023).

Aterosklerosis adalah penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh penumpukan plak. Kondisi ini perlu diwaspadai karena berisiko tinggi memicu penyakit jantung, seperti serangan jantung.

'Jantungan' akibat perasaan senang berlebihan biasanya terjadi saat gathering, menonton pertandingan olahraga, juga saat sedang pesta. Namun, secara umum perasaan bahagia tentu relatif baik dan membuat jantung sehat.

Artinya, kewaspadaan tersebut diutamakan pada orang dengan riwayat sakit sebelumnya.

"Euforia berlebihan memicu serangan jantung, saya bisa katakan hanya pada orang yang punya risiko sebelumnya. Orang yang sudah punya penyakit tanpa dia ketahui karena tidak pernah medical check up misalnya," kata dia.

Di sisi lain, sebetulnya, pasien dengan penyakit jantung disarankan untuk mengendalikan stres termasuk dengan hal-hal yang membuat dirinya bahagia seperti menonton konser. Tetap saja, ada beberapa catatan yang harus diingat bagi pengidap jantung saat menonton konser.

Pertama, menghindari titik sound yang berdentum, sebisa mungkin memilih jarak agak jauh dari panggung. Penonton dengan riwayat sakit jantung juga disarankan untuk tidak berjauhan dengan pintu keluar.

Hal ini demi meminimalisir desakan di antara penonton. Hal yang paling utama tentunya menyiapkan obat yang diminum secara teratur.

"Bagi yang punya penyakit jantung koroner tentu siapkan obat di bawah lidah yang biasa dibekalkan oleh dokter jantung. Bagi yang lemah jantung mungkin minum obat buang air kecil, tanya panitia lokasi dekat toilet di mana," terang dia.

"Antisipasi kemungkinan banyak buang air kecil. Kalau memang takut mengganggu kenikmatan menyaksikan konser maka bicarakan dengan dokter modifikasi sementara waktu minum obatnya agar ada opsinya," pungkasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Coldplay Konser di RI Bikin Deg-deg Ser, Awas Euforia Berlebih Bikin Jantungan"