Hagia Sophia

12 May 2023

Berikut Disampaikan Beberapa Gejala Usus Buntu dari Nyeri Perut Hingga Sembelit

Gejala usus buntu (Getty Images)

Usus buntu terletak di dekat usus kecil, bentuk usus buntu seperti kantong kecil yang melekat pada usus. penyakit atau radang Usus buntu dalam medis sebut apendisitis.

Mengutip pada laman webmd.com, usus buntu dengan panjang 3 1/2 inci itu, memiliki jaringan khusus yang dapat membuat antibodi. namun tidak ada yang benar-benar yakin apa fungsinya.

Umur kebanyakan orang yang terserang penyakit usus buntu ini adalah 10 hingga 30 tahun, tetapi tidak menutup kemungkinan radang usus buntu menyerang usia berapa pun.

Radang usus terjadi akibat usus buntu tersumbat oleh kotoran, benda asing (sesuatu yang seharusnya tidak di sana), atau kanker.

Dilansir dari situs Cleveland Clinic, usus buntu yang meradang dapat menyebabkan rasa sakit terus-menerus, dapat terjadi usus buntu pecah lalu menyebarkan bakteri melalui rongga perut. Bakteri ini memicu infeksi serius dan terkadang fatal menyebabkan sakit yang tiba-tiba dan parah.

Lalu bagaimana gejala-gejala radang usus buntu? simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Gejala-gejala Usus Buntu

Mengutip pada laman webmd.com, berikut gejala-gejala usus buntu mulai dari gejala awal hingga gejala tidak umum atau parah:

Gejala usus buntu ringan atau awal perlu diwaspadai:

1. Nyeri Pada Perut Kanan
Nyeri pada perut bagian kanan dekat dengan pusar, biasanya menjadi awal gejala usus buntu. rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk, perlu diwaspadai.

2. Kehilangan Selera Makan
Kehilangan selera makan merupakan salah satu gejala usus buntu karena bakteri yang menumpuk pada usus buntu membuat perut terasa penuh dan mual hingga muntah.

3. Mual dan Muntah
Mual dan muntah terjadi saat gejala usus buntu awal yaitu nyeri pada perut dimulai. Hal ini disebabkan adanya sumbatan atau obstruksi usus.

4. Perut Membengkak
Perut membengkak atau kembung ini menjadi salah satu gejala usus buntu, karena pada radang usus buntu yang disebabkan oleh adanya infeksi dapat membuat perut membesar atau kembung dan diiringi dengan penambahan berat badan.

5. Demam Tinggi
Demam bisa menjadi gejala usus buntu, karena saat usus buntu terinfeksi, suhu badan akan meningkat sekitar 38 hingga 40 celcius. Hal ini dapat disertai dengan menggigil atau kedinginan.

6. Tidak Dapat Buang Angin
tidak dapat buang angin menjadi gejala usus buntu, karena pada saluran usus buntu terjadi peradangan menyebabkan penyumbatan daerah keluarnya angin dan membuat angin sulit keluar.

Gejala usus buntu parah atau tidak umum dan wajib diwaspadai:

1. Nyeri Seluruh Tubuh
Nyeri atau sakit ini bisa menjadi gejala usus buntu yang terbilang parah, karena nyeri akan dirasakan oleh seluruh tubuh mulai dari perut bagian atas, bagian bawah, punggung hingga bokong.

2. Sakit atau Sulit Buang Air Kecil
Gejala usus buntu ini disebabkan karena pada kandung kemih yang bertabrakan dengan radang usus buntu, mempengaruhi kinerja kandung kemih tersebut.

3. Muntah Sebelum Sakit Perut Dimulai
Hal ini menjadi gejala usus buntu yang perlu diwaspadai karena bisa memungkinkan usus buntu pecah. Gejala muntah ini berbeda pada mual dan muntah pada gejala awal, karena muntah terjadi sebelum sakit perut.

4. Kram Perut Parah
Kram Perut parah ini sangat berbahaya, sakitnya akan terus menerus dan tidak biasa , perlu diwaspadai. Nyerinya seperti terkena benda tumpul dan bisa menjadi pertanda usus buntu pecah.

5. Sembelit atau Diare
Sembelit atau diare menjadi salah satu gejala usus buntu, akibat perut kembung karena banyaknya makanan yang tidak dapat dicerna membuat perut kosong dan menyebabkan sembelit maupun diare.

6. Kebingungan dan Lemah Lesu
Dilansir dari laman detikbali, kebingungan dan lemah lesu bisa menjadi gejala usus buntu parah, karena gejala ini terjadi pada kondisi sepsi di mana bakteri dari abses (kantung nanah di sekitar radang usus buntu) telah pecah lalu menyebar pada aliran darah ke bagian lain pada tubuh menyebabkan kebingungan dan lemah lesu karena terkurasnya energi pada tubuh hingga sesak napas karena terkurasnya oksigen.

Itulah gejala-gejala yang terjadi pada radang usus buntu, siapa sangka kebingungan dan lemah lesu menjadi salah satu gejala usus buntu? Semoga informasi di atas bisa membantu detikers dan jangan lupa langsung ke dokter jika merasakan gejala-gejala di atas!





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "12 Gejala Usus Buntu, dari Nyeri Perut Hingga Sembelit"