Hagia Sophia

12 May 2023

Liga Europa: AS Roma Menang Tipis Atas Bayer Leverkusen 1-0

AS Roma kalahkan Bayer Leverkusen 1-0 (AS Roma via Getty Images/Luciano Rossi)

AS Roma meraih hasil berharga dalam misinya lolos ke final Liga Europa 2022/2023. Menjamu Bayer Leverkusen, I Lupi menang 1-0.

Pada pertandingan Leg Pertama Semifinal Liga Europa di Olimpico, Jumat (12/5/2023) dini hari WIB, satu-satunya gol tercipta di babak kedua, tepatnya di menit ke-63 dari Edoardo Bove.

Roma tampil agresif dengan menciptakan delapan attempts, empat di antaranya on goal. Leverkusen yang unggul penguasaan bola bikin total enam attempts, tapi cumam satu on goal.

Skor 1-0 bertahan hingga akhir laga dan Roma harus menjaga keunggulan itu saat tandang ke Bay Arena pekan depan.

Jalannya pertandingan

Leverkusen yang bertindak sebagai tim tamu bermain agresif sejak menit awal dan menekan Roma. Pada menit pertama, Robert Andrich punya peluang lewat sepakan dari kotak penalti yang tepat ke pelukan Rui Patricio.

Gawang Patricio terancam lagi pada menit ketujuh ketika Florian Wirtz berada bebas di area 16 meter. Tinggal berhadapan dengan Patricio, Wirtz malah menembah ke sisi gawang.

Peluang terbaik Roma hadir pada menit ke-19 ketika tandukan Roger Ibanez memaksa Lukas Hradecky terbang untuk menepis bola.

Setelah itu pertandingan berjalan imbang meski tak ada peluang berbahaya tercipta. Skor 0-0 menutup duel babak pertama.

Pada babak kedua, Roma tancap gas untuk menyerang Leverkusen. Pada menit ke-48, Zeki Celik menerima umpan sundulan dari Tammy Abraham dan coba menembak meski masih melebar.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-60 dan Roma yang memimpin 1-0 karena gol Edoardo Bove. Bove muncul di kotak penalti untuk menerima umpan tarik Abraham dan menembaknya ke gawang, yang bisa ditepis Hradecky.

Bola rebound dengan cepat dicocor Bove lagi untuk menjebol jala tim tamu.

Edoardo Bove menjebol gawang Bayer Leverkusen (Foto: Getty Images/Paolo Bruno)

Edoardo Bove menjebol gawang Bayer Leverkusen (Foto: Getty Images/Paolo Bruno)
Roma hampir membuat gol lagi pada menit ke-66 andaikan sepakan Andrea Belotti dari sudut sempit tak dibendung Hradecky.

Memasuki 10 menit akhir pertandingan, Leverkusen menekan Roma untuk mencari gol penyama kedudukan. Gol itu nyaris didapat pada menit ke-87 andaikan Roger Ibanez tak cepat menghalau bola sepakan Jeremie Frimpong di garis gawang.

Pertandingan AS Roma vs Bayer Leverkusen akhirnya tuntas 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Susunan pemain

AS Roma: Rui Patricio; Gianluca Mancini, Bryan Cristante, Roger Ibanez; Zeki Celik, Edoardo Bove (Georginio Wijnaldum 76'), Nemanja Matic, Leonardo Spinazzola; Lorenzo Pellegrini; Andrea Belotti (Paulo Dybala 77'), Tammy Abraham.

Bayer Leverkusen: Lukas Hradecky; Odilon Kossounou (Mitchel Bakker 36'), Edmond Tapsoba, Jonathan Tah, Jeremie Frimpong; Robert Andrich (Nadiem Amiri 92'), Exequiel Palacios, Piero Hincapie; Moussa Diaby (Amine Adli 72'), Adam Hlozek (Sardar Azmoun 72'), Florian Wirtz.





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Hasil Liga Europa: AS Roma Menang Tipis Atas Bayer Leverkusen"