Hagia Sophia

13 May 2023

Ini Kata Menteri Basuki Alasan Labuan Bajo Jadi Jadi Tempat Pelaksanaan KTT

istimewa

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan kisah di balik terpilihnya Labuan Bajo menjadi venue KTT ASEAN ke-42 yang telah sukses diselenggarakan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Labuan Bajo sebagai tempat pelaksanaan KTT ASEAN ke-42. Menurut Basuki, keputusan itu jadi tantangan berat menggelar event internasional di tengah fasilitas yang terbatas di Labuan Bajo.

"Bayangkan keputusan beliau (Jokowi) untuk mengadakan KTT ASEAN di Labuan Bajo. Kalau ini diadakan di Bali, sudah merem saja, sudah lewat. Tapi dengan diadakan di Labuan Bajo menjadi tantangan sangat berat, fasilitasnya terbatas. Tapi, beliau tetap menetapkan Labuan Bajo," ujar Basuki di Marina Waterfront Labuan Bajo, Selasa (9/5) lalu.

Namun, kenyataannya pembangunan infrastruktur terus digenjot hingga akhirnya Labuan Bajo siap melaksanakan KTT ASEAN. Menurut Basuki, Jokowi tetap memilih Labuan Bajo karena KTT ASEAN akan menjadi momentum mempromosikan Pulau Komodo.

"Karena hanya ini momen yang akan bisa mengangkat Labuan Bajo seperti sekarang. Kalau ini lewat, ya lewat. Jadi, bukan karena sarananya, tetapi keputusan politiknya. Salah satunya mengadakan (KTT ASEAN) Labuan Bajo. Kalau kami belum tentu berani memutuskan di Labuan Bajo," tutur Basuki.

Baca juga: Penyesalan Delegasi Singapura saat Menghadiri KTT ASEAN di Labuan Bajo
Apalagi, ia menuturkan pembangunan infrastruktur pendukung destinasi wisata super prioritas Labuan Bajo telah dilakukan selama tiga tahun.

"Labuan Bajo jadi salah satu destinasi wisata premium. Ini keyakinan Pak Jokowi bahwa ini jadi premium betul. Tiga tahun kami bangun, 2020, 2021, dan 2022," terang dia.

"Semoga KTT ASEAN ini bisa mengangkat Labuan Bajo di regional (kawasan ASEAN) dan internasional," tandas Basuki.





























Artikel ini telah tayang di travel.detik.com dengan judul "Kisah di Balik Dipilihnya Labuan Bajo Jadi Venue KTT Versi Menteri Basuki"