Hagia Sophia

13 May 2023

Panglima TNI: KTT ASEAN Aman Tanpa Ancaman

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memberi keterangan pers tentang pengamanan KTT ASEAN di Bandar Udara Komodo, Jumat (12/5/2023). (Ambrosius Ardin/detikBali)

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengeklaim rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) berjalan aman dan lancar. Kepala negara dan delegasi telah kembali ke negaranya masing-masing.

"Sejak kedatangan (delegasi), bilateral meeting, KTT, joy sailing, dinner, sampai kembali delegasi, semua terlaksana dengan lancar. Ini semua berkat kerjasama semuanya sehingga KTT berjalan aman dan lancar," kata Yudo di Bandar Udara Komodo sebelum lepas landas meninggalkan Labuan Bajo, Jumat (12/5/2023).

Ia menyebut tak ada ancaman dari dalam maupun luar selama pertemuan para pemimpin negara di Asia Tenggara itu. "Tidak ada hambatan, tidak ada rintangan selama pelaksanaan tugas sehingga KTT yang direncanakan sejak awal mulai dari kedatangan, pelaksanaan bilateral, pelaksanaan meetingnya sendiri sampai kepulangan kepala negara dan delegasi dapat terlaksana sesuai rencana," jelas Yudo.

Meski begitu, Yudo mengakui ada sedikit hambatan cuaca. Hujan sempat turun menjelang acara makan malam di Ayana Resort yang memanfaatkan area terbuka. Diketahui, BMKG telah melakukan modifikasi cuaca dengan cara menabur garam di langit Labuan Bajo menggunakan pesawat TNI AU.

"Hasil evaluasi kemarin yang kita lakukan bersama, berkat koordinasi yang baik, sinergisitas yang baik dan juga perencanaan awal yang baik, semua dapat terlaksana sesuai dengan rencana," ujarnya.

Yudo menambahkan prajurit TNI dari luar daerah yang bertugas mengamankan KTT ASEAN meninggalkan Labuan Bajo secara bertahap mulai hari ini. Ada yang menggunakan pesawat maupun menggunakan KRI TNI.

Diketahui, pengamanan KTT ASEAN melibatkan 12 ribu pasukan gabungan TNI, Polri, dan stakeholder terkait seperti BNPT, Basarnas, dan lainnya termasuk Satpol PP Manggarai Barat. Adapun Polri mengerahkan 2.657 personel dan TNI mencapai 9.428 personel. Selain itu, TNI mengerahkan 162 alutsista, termasuk kapal perang dan jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat.





























Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Panglima TNI Tinggalkan Labuan Bajo: KTT ASEAN Aman Tanpa Ancaman"