Hagia Sophia

15 May 2023

Liga Inggris: Arsenal Tumbang dari Brighton 0-3

Arsenal tumbang 0-3 di tangan Brighton. Foto: Getty Images/Julian Finney

Arsenal tumbang 0-3 saat menjamu Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Liga Inggris musim ini. Hasil tersebut membuat asa The Gunners menjadi juara semakin tipis.

Bermain di Emirates Stadium, Minggu (14/5/2023), kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama. Namun Brighton yang lebih dulu memecah kebuntuan di menit ke-51 lewat sundulan Julio Enciso. Setelahnya, tim tamu memegang kendali.

Jelang akhir babak kedua, Brighton menambah dua gol lewat Deniz Undav di menit ke-86 dan tembakan Pervis Estupinan di injury time. Arsenal takluk tiga gol tanpa balas.

Hasil ini membuat tim asuhan Mikel Arteta tetap di urutan kedua klasemen sementara dengan 81 poin dari 36 laga, namun mereka kini tertinggal empat poin dari Manchester City yang baru tampil 35 kali. Saat ini, kans juara hampir pasti lenyap.

Sementara Brighton menjaga kans tampil di Eropa musim depan. Mereka naik ke urutan enam dengan 58 poin dari 34 laga.

Jalannya pertandingan

Brighton mengancam lebih dulu di menit ke-12 lewat Julio Enciso, namun tembakan kaki kirinya dihalau Aaron Ramsdale. Menit ke-16, Arsenal membalas lewat tembakan Martin Odegaard, namun melenceng dari target.

Gabriel Jesus nyaris membawa Arsenal unggul di menit ke-24, namun tembakannya diblok kiper Brighton, Jason Steele dengan menggunakan kakinya. Menit ke-31, tembakan Leandro Trossard masih membentur tiang gawang.

Granit Xhaka juga mendapat peluang dari situasi bola mati di menit ke-35, namun sundulannya melebar di sisi kiri gawang Brighton. Enciso kembali mengancam gawang Arsenal pada menit ke-37, namun peluang emasnya melambung di atas gawang.

Jelang akhir babak pertama, Evan Ferguson juga mendapat kans membobol Arsenal, namun tembakan jarak jauhnya melenceng. Sementara itu, tembakan Bukayo Saka di injury time juga melebar tipis di sisi kanan gawang Brighton. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Brighton membuat suporter Arsenal terdiam di menit ke-51. Memanfaatkan kelengahan barisan belakang tuan rumah, Pervis Estupinan mengirim crossing kepada Enciso, dan diselesaikan dengan sundulan untuk membobol gawang Ramsdale.

Momen ketika Enciso membobol gawang Arsenal. Foto: Getty Images/Julian Finney

Tertinggal satu gol, Arsenal berupaya membalas. Reiss Nelson yang masuk menggantikan Jorginho melepaskan tembakan mendatar dari tepi kotak penalti pada menit ke-63, tetapi melenceng tipis di sisi kanan gawang Brighton.

Trossard mendapat peluang bagus di menit ke-71 usai menyambar umpan terobosan Odegaard, namun tembakan jarak dekatnya berhasil diamankan Steele. Menit ke-76, Brighton mengancam tembakan jarak jauh Alexis Mac Allister, namun melebar di sisi kiri.

Ketika Arsenal gencar memburu gol pengimbang, Brighton justru berhasil menambah keunggulan di menit ke-86. Menerima umpan mendatar Ramsdale, Trossard bermaksud mengirim bola ke depan, namun memantul Pascal Gross yang berada di belakangnya.

Undav (kanan) mengirim bola lob melewati Ramsdale untuk mencetak gol kedua Brighton. Foto: Getty Images/Julian Finney

Bola pantulan itu berbalik ke arah kotak penalti Arsenal, dan disambut Deniz Undav dengan satu tembakan lob yang melewati Ramsdale dan membobol gawang Arsenal. Skor menjadi 2-0 untuk Brighton.

Derita Arsenal bertambah ketika Brighton menambah gol di injury time babak kedua. Tembakan jarak jauh Undav berhasil ditepis Ramsdale, namun bola liar dituntaskan Estupinan menjadi gol. Brighton menang 3-0.

Susunan pemain

Arsenal: Aaron Ramsdale, Ben White, Jakub Kiwior, Gabriel Magalhaes, Kieran Tierney, Martin Odegaard (Emile Smith-Rowe 77'), Jorginho (Reiss Nelson 60'), Granit Xhaka (Thomas Partey 60'), Bukayo Saka, Gabriel Jesus (Eddie Nketiah 77'), Gabriel Martinelli (Leandro Trossard 20').

Brighton & Hove Albion: Jason Steele, Pervis Estupinan, Lewis Dunk, Levi Colwill, Pascal Gross, Billy Gilmour (Danny Welbeck 60'), Moisés Caicedo, Kaoru Mitoma, Alexis Mac Allister, Julio Enciso (Deniz Undav 82'), Evan Ferguson (Facundo Buonanotte 77').






























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Arsenal Vs Brighton: The Gunners Tumbang, Man City di Ambang Juara"