Hagia Sophia

15 May 2023

Siasat Pemerintah China Agar Warganya Mau Punya Anak

Situasi di China (Foto: AP/Ng Han Guan)

China akan meluncurkan proyek percontohan (pilot projects) di lebih dari 20 kota untuk menciptakan pernikahan dan melahirkan anak di 'era baru'. Adapun hal ini bertujuan untuk mendorong lingkungan melahirkan yang ramah lantaran negara tersebut mengalami penurunan angka kelahiran.

Asosiasi Keluarga Berencana China, sebuah badan nasional yang menerapkan langkah-langkah kependudukan dan kesuburan pemerintah, akan meluncurkan proyek untuk mendorong perempuan untuk menikah dan memiliki anak.

Selain itu, proyek tersebut juga akan mempromosikan pernikahan, memiliki anak pada usia yang sesuai, mendorong orang tua untuk berbagi tanggung jawab mengasuh anak, dan membatasi 'harga pengantin' yang tinggi, dan kebiasaan lama lainnya adalah fokus dari proyek tersebut.

Kota-kota yang termasuk dalam proyek percontohan tersebut termasuk pusat manufaktur Guangzhou dan handan di Provinsi Hebei, China.

"Masyarakat perlu lebih banyak membimbing kaum muda tentang konsep pernikahan dan persalinan," kata ahli demografi He Yafu kepada Times, dikutip dari Reuters.

Proyek-proyek tersebut datang di tengah berbagai langkah yang dilakukan provinsi-provinsi China untuk mendorong orang memiliki anak, termasuk insentif pajak, subsidi perumahan, dan pendidikan gratis atau bersubsidi untuk memiliki anak ketiga. Sebagaimana diketahui, China menerapkan kebijakan satu anak dari tahun 1980 hingga 2015. Batas tersebut kini telah berubah dan dinaikkan menjadi tiga anak.

Prihatin dengan penurunan populasi pertama China dalam enam dekade dan penuaan yang cepat, penasihat politik pemerintah mengusulkan pada bulan Maret bahwa wanita lajang dan belum menikah harus memiliki akses ke pembekuan sel telur dan perawatan IVF, di antara layanan lain untuk meningkatkan tingkat kesuburan negara.

Banyak wanita telah menunda memiliki lebih banyak anak atau sama sekali karena biaya penitipan anak dan harus menghentikan karier mereka, dengan diskriminasi gender masih menjadi rintangan utama.






























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pusing Krisis Populasi, Ini Siasat China Biar Wanita Mau Nikah dan Punya Anak"