Hagia Sophia

15 May 2023

Supaya Efektif, Ini Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Makanan-makanan yang pantang dimakan saat diet. (Foto: Getty Images/iStockphoto/happy_lark)

Bagi mereka yang sedang diet, mengatur pola makan adalah suatu kewajiban. Pasalnya, makanan tertentu mengandung tinggi gula, karbohidrat olahan, dan lemak yang rendah protein dan serat. Hal ini pun dapat membuat penurunan berat badan lebih sulit.

Kebanyakan orang hanya fokus pada pengurangan kalori untuk menurunkan berat badan. Namun, penting juga untuk mempertimbangkan jenis makanan yang dikonsumsi. Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari saat diet.

1. Kentang goreng dan keripik kentang
Kentang goreng dan keripik kentang seringkali mengandung tinggi kalori dan lemak. Dalam studi observasional, mengonsumsi kentang goreng dan keripik kentang telah dikaitkan dengan penambahan berat badan dan obesitas.

Terlebih lagi, kentang yang dipanggang, dipanggang, atau digoreng mungkin mengandung zat yang disebut akrilamida, yang dikaitkan dengan kanker. Oleh karena itu, sebaiknya menikmati makanan ini dalam jumlah sedang sebagai bagian dari diet seimbang.

2. Minuman manis
Minuman manis seperti soda tinggi kalori dan tambahan gula. Minuman ini sangat berkaitan dengan penambahan berat badan dan dapat berdampak negatif jika dikonsumsi berlebihan.

Meskipun minuman manis mengandung banyak kalori, tetapi otak tidak mencatatnya seperti makanan padat. Kalori gula cair dalam minuman manis tidak akan membuat kenyang. Ketika hal ini terjadi, maka yang timbul justru adalah makan berlebih.

3. Roti putih
Roti putih seringkali mengandung banyak gula tambahan. Ini juga mengandung indeks glikemik yang juga dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

4. Permen
Permen batangan mengandung banyak gula tambahan, minyak tambahan, dan tepung olahan dalam jumlah tinggi ke dalam bentuk yang kecil.

Permen batangan juga tinggi kalori dan rendah nutrisi. Banyak jenis permen batangan yang dilapisi coklat mengandung sekitar 200-300 kalori. Jika ingin makan yang manis-manis, coba pertimbangkan untuk ngemil makanan seperti buah, kacang-kacangan, atau yogurt parfait.

5. Beberapa jus buah
Beberapa jus buah yang dapat ditemukan di supermarket tidak memiliki kandungan yang sama dengan buah utuh. Faktanya, beberapa jus mengandung gula dan kalori yang sama banyaknya dengan soda.

6. Kue kering, biskuit, dan kue
Kue kering, biskuit, dan kue dikemas dengan tambahan gula dan kalori. Makanan ini juga tidak terlalu mengenyangkan sehingga bisa menimbulkan cepat lapar setelah makan ini.

Jika sedang menurunkan berat badan, coba batasi ukuran porsi makanan ini dan nikmati sesekali saja.

7. Es krim
Selain tinggi kalori, sebagian besar jenis es krim juga sarat dengan gula. Es krim dengan porsi kecil sebenarnya tidak apa-apa dikonsumsi sesekali, tetapi masalahnya adalah sangat mudah untuk mengonsumsinya dalam jumlah besar sekaligus.

Pastikan untuk menyajikan es krim dalam porsi kecil alih-alih makan langsung dari wadahnya supaya tidak makan terlalu banyak.

Alternatifnya, pertimbangkan untuk membuat sendiri menggunakan lebih sedikit gula dan bahan-bahan yang lebih bergizi seperti yogurt dan buah.

8. Pizza
Pizza adalah makanan cepat saji yang sangat populer. Namun, pizza seringkali tinggi kalori dan dibuat dengan bahan seperti tepung olahan dan daging olahan.

Jika ingin makan pizza, cobalah untuk membuatnya sendiri di rumah. Namun, jika memesan dari restoran, pilihlah topping rendah kalori seperti ayam panggang, paprika, bawang merah, bayam, jamur, atau bawang putih.

9. Kopi Tinggi Kalori
Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak, setidaknya dalam jangka pendek. Namun, banyak minuman kopi yang mengandung krim dan gula dalam jumlah berlebihan, yang secara signifikan dapat meningkatkan kandungan kalori total dalam setiap sajian.

Jika sedang diet, sebaiknya batasi konsumsi minuman ini atau pilih kopi hitam polos yang dimaniskan dengan sedikit krim atau susu.

10. Makanan Tinggi Gula
Makanan tinggi gula tambahan biasanya memberikan kalori dalam jumlah tinggi dan tidak terlalu mengenyangkan. Contoh makanan seperti ini adalah sereal, granola bar, dan yogurt rendah lemak.

Hati-hati ketika memilih makanan yang 'rendah lemak' atau 'bebas lemak' karena seringkali produk seperti ini ditambahkan gula ekstra untuk mengganti rasa yang hilang saat lemak dihilangkan.






























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Makanan yang Pantang Dikonsumsi saat Diet, Bikin Gagal Langsing"