Hagia Sophia

15 May 2023

Pria Ini Alami Efek Samping Serius Usai Konsumsi Obat Kolesterol

Pria mendadak lumpuh pasca meminum obat kolesterol. (Foto: Thinkstock)

Seorang pria mengalami efek samping serius pasca mengonsumsi obat kolesterol. Ia mendadak tak bisa berjalan setelah obat kolesterol membuatnya mengalami kondisi pelemahan otot yang langka.

Kondisi tersebut dialami oleh Mark Freeman, pria berusia 47 tahun asal Wales, Inggris. Dia minum obat penurun kolesterol empat tahun lalu dan tidak mengalami masalah sampai dia mulai kesulitan bangun dari tempat tidur di pagi hari.

Gejalanya mulai terasa pada April 2020. Saat itu, ia merasa ototnya mendadak nyeri dan mengalami demam terus menerus di malam hari. Setelah sembilan bulan, tepatnya Januari 2021, dia kehilangan kemampuan untuk berjalan.

"Saya kesulitan bergerak dengan kursi roda, mengikuti jadwal orang lain dan membutuhkan pengasuh untuk pergi ke toilet. Saya sangat kecewa dengan hidup saya dan apa yang telah terjadi, saya kehilangan pekerjaan dan karier saya," kata Freeman dikutip dari UK Express, Senin (15/5/2023).

Sejak saat itu ia didiagnosis dengan miopati nekrotikan, penyakit autoimun langka yang menyebabkan peradangan kronis pada otot dan kelemahan.

Freeman mengatakan dokter menyebut gejalanya dapat ditangani dengan pertukaran plasma. Tapi untuk saat ini dia terlalu tidak sehat untuk menjalani prosedur tersebut.

Dokternya menjalankan beberapa tes dan menemukan Mark memiliki creatine kinase (CK) tingkat tinggi, enzim yang dilepaskan oleh otot ke dalam aliran darah saat otot rusak. Tingkat CK normal untuk pria adalah 40 - 320 unit per liter.

Tetapi Freeman memiliki lebih dari 12 ribu unit enzim per liter.

"Ada banyak informasi yang menunjukkan bahwa statin aman dan nyeri otot saat menggunakan statin tidak disebabkan oleh statin. Cerita saya adalah kebalikannya dan merupakan bukti bahwa itu bisa terjadi dan ketika reaksi benar-benar terjadi, itu bisa mengubah hidup," jelasnya.

Dikutip dari Myositis Association, miopati nekrotikan adalah jenis miopati autoimun yang ditandai dengan kelemahan otot yang relatif parah. Kondisi tersebut ditandai dengan tanda-tanda nekrosis, atau kematian sel, pada otot, yang menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

Seperti jenis myositis lainnya, tidak ada penyebab atau obat yang diketahui untuk miopati nekrotikan. Namun, tersedia perawatan yang berhasil mengatasi gejala.

Seperti bentuk miositis lainnya, pasien dengan miopati nekrotikan mungkin mengalami gejala berikut:
  • Kelemahan pada otot yang paling dekat dengan bagian tengah tubuh, seperti lengan bawah, paha, pinggul, bahu, leher, dan punggung
  • Kesulitan menaiki tangga dan berdiri dari kursi
  • Kesulitan mengangkat lengan di atas kepala
  • Jatuh dan kesulitan bangkit dari jatuh
  • Lebih mudah lelah






























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kronologi Pria Mendadak Lumpuh usai Minum Obat Kolesterol, Begini Gejala Awalnya"