Hagia Sophia

15 June 2023

Beberapa Hari Kedepan Jokowi Akan Umumkan Status COVID-19 di Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Foto: Hafidz Mubarak A/Antara Foto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini menyebut bahwa Indonesia akan mengumumkan status COVID-19 'memasuki fase endemi' dalam beberapa waktu pekan ke depan. Keputusan tersebut diambil berdasarkan penilaian tren penurunan jumlah kasus COVID-19 dan pasien yang membutuhkan perawatan intensif di RS maupun isolasi.

Jokowi juga mengungkapkan pihaknya saat ini tengah mematangkan rencana pengumuman status tersebut dengan menilai kriteria COVID-19 dinyatakan endemi. Bahkan rencana ini disebut-sebut sudah berjalan sejak beberapa bulan terakhir.

"Iya ini dimatangkan lah seminggu-dua minggu ini segera diumumkan karena memang sudah semuanya sudah (landai)," jelas dia kepada wartawan di kantor BPKB Jakarta Timur Rabu (14/6/2023).

"Kriteria ini nanti yang akan didetilkan jumlah kasus misalnya kayak dua hari yang lalu hanya 217 kemudian kasus aktif 10 ribu sampai 2000-an. vaksinasi kita juga sudah di atas 452 juta dosis dan lain-lainnya," sambung Jokowi.

Kapan Bakal Diumumkan?

Jokowi memastikan bahwa pengumuman penentuan status COVID-19 tak akan melewati bulan Juni 2023. Hal ini menyusul setelah pemerintah telah melonggarkan aturan COVID-19 penggunaan masker dan vaksinasi COVID-19 tidak lagi menjadi persyaratan perjalanan transportasi umum.

"Sehingga kita kemarin rapat dan sudah kita putuskan untuk masuk ke endemi tetapi kapan diumumkan baru dimatangkan dalam seminggu-dua minggu," pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jokowi Bakal Umumkan RI Masuk 'Endemi' COVID-19, Kapan?"