Hagia Sophia

15 June 2023

Inikah Penyebab Luka Lebam yang Mendadak Muncul?

Ilustrasi kulit lebam. (Foto: Thinkstock)

Terkadang lebam pada kulit dapat muncul secara tiba-tiba. Padahal sebelumnya tidak pernah mengalami kecelakaan atau benturan. Hal ini lantas banyak dikaitkan dengan mitos-mitos tertentu seperti lebam tersebut muncul karena dijilat setan.

Padahal kondisi munculnya lebam pada kulit secara tiba-tiba dapat dijelaskan secara medis. Dokter spesialis penyakit dalam konsultan darah dan kanker dr Agung Firmansyah Sumantri, SpPD-KHOM menjelaskan bahwa kondisi tersebut terjadi pada trombosit yang terganggu.

"Darah di manusia itu ada 3 jenisnya. Ada Hb atau hemoglobin, leukosit, dan ada trombosit. Hb ini fungsinya untuk mengangkut oksigen, kalau anemia itu biasanya kekurangan Hb," ucap dr Agung dalam sesi bincang detikPagi, Rabu (14/6/2023).

"Kemudian ada leukosit untuk pertahan diri manusia dari infeksi segala macem. Terus ada trombosit atau keping darah yang fungsinya untuk pembekuan darah, biasanya memar ini yang terganggu trombosit," sambungnya.

dr Agung menjelaskan bahwa memar yang muncul pada tubuh manusia memiliki bahasa medis hematoma atau ekimosis. Hematoma adalah penumpukan darah abnormal di luar pembuluh darah. Sedangkan ekimosis perdarahan di dalam kulit akibat pecahnya pembuluh darah.

Lebih lanjut, dr Agung juga menjelaskan ada tiga kondisi yang dapat menyebabkan munculnya memar pada tubuh.

"Memar di manusia ini bisa menjadi tiga sebabnya. Yang pertama karena kelainan pembuluh darahnya misal pembuluh darahnya lebih tipis," ujar dr Agung.

"Lalu yang kedua karena trombositnya terganggu atau trombositnya kurang, atau yang ketiga karena gangguan pembekuan darah atau koagulasi," sambungnya lagi.

Terkait dengan bahaya yang dapat disebabkan oleh memar tersebut, dr Agung menekankan perlu dilakukan pemeriksaan lebih mendalam.

"Faktor usia berpengaruh, karena biasanya yang datang ke klinik biasanya orang tua muncul memar-memar di tubuh itu karena pembuluh darah tipis," jelas dr Agung.

"Kalau di anak muda mungkin bisa karena kurang vitamin C atau kolagen. Kita harus cek dulu, lalu ada pemeriksaan," pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bukan Pertanda Dijilat Jin, Luka Lebam yang Mendadak Muncul Terjadi gegara Ini"