Hagia Sophia

15 June 2023

Angka Kematian Akibat Overdosis di AS Lewati Angka 100 Ribu, Apa Pemicunya?

Ilustrasi narkoba (Foto: Getty Images/urbazon)

Wabah overdosis narkoba yang terjadi di Amerika Serikat belakangan bikin geger dunia. Tercatat lebih dari 109 ribu warga AS meninggal akibat overdosis obat dalam kurun waktu 12 bulan terakhir hingga Januari 2023. Angka ini meningkat 0,7 persen dari tahun sebelumnya yang tercatat 108.825 kasus kematian.

Peningkatan kasus ini juga terjadi meskipun ada dorongan dari Joe Biden untuk mengatasi kecanduan narkoba dan overdosis.

Inikah Pemicunya?

Jumlah kematian akibat overdosis obat di AS melewati angka 100.000 untuk pertama kalinya pada tahun 2021, akibat pandemi COVID mengganggu perawatan medis dan meningkatkan masalah kesehatan mental.

Efeknya diperparah dengan meluasnya ketersediaan obat-obatan mematikan seperti fentanyl, yang 50 kali lebih kuat dari heroin dan semakin bercampur dengan obat-obatan terlarang lainnya.

Menurut CEO American Addiction Centers, Tom Britton, selama pandemi tingkat penyakit mental, depresi, dan kecemasan meningkat secara dramatis. Hal inilah yang mungkin memicu orang semakin mulai beralih ke zat atau obat.

Kematian akibat overdosis obat di AS naik 13,7 persen antara Januari 2021 dan Januari 2022 dan sebesar 31,4 persen dalam 12 bulan sebelumnya pada puncak pandemi.

Meskipun demikian, lonjakan kematian akibat overdosis dimulai sebelum pandemi terjadi karena penyalahgunaan resep obat penghilang rasa sakit opioid dan obat-obatan terlarang seperti heroin.

Rekan senior di R Street Institute, sebuah wadah pemikir independen yang berbasis di Washington, D C, Stacey McKenna menyatakan tindakan keras terhadap fentanil dan obat-obatan adiktif lainnya cenderung tidak efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

"Ada hukum pelarangan yang kuat bahwa semakin keras Anda menindak pasokan, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan pasokan yang lebih kuat atau pasokan yang lebih berbahaya," kata McKenna, dikutip dari Reuters.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Lebih dari 109 Ribu Warga AS Meninggal gegara Overdosis, Inikah Pemicunya?"