Hagia Sophia

15 June 2023

Wapadai Bila Tiba-tiba Muncul Memar di Kulit, Bisa Kemungkinan Kanker Darah

Ilustrasi lebam pada kulit. (Foto: Getty Images/iStockphoto/LENblR)

Pernahkah mengalami luka lebam yang muncul tiba-tiba pada kulit? Padahal sebelumnya tubuh tidak mengalami benturan keras atau kecelakaan yang dapat menyebabkan lebam.

Kondisi ini terkadang akhirnya dikaitkan dengan mitos-mitos yang berkembang di masyarakat. Salah satunya adalah luka lebam yang muncul disebabkan 'jilatan jin'.

Kondisi munculnya luka lebam tiba-tiba pada kulit dapat dijelaskan secara medis. Hal itu umumnya disebabkan oleh trombosit yang terganggu.

"Memar ini muncul kalau trombositnya terganggu. Trombosit atau keping darah ini fungsinya untuk pembekuan darah," ucap dokter spesialis penyakit dalam konsultan darah dan kanker dr Agung Firmansyah Sumantri, SpPD-KHOM dalam acara sesi bincang detikPagi, Rabu (14/6/2023).

Ia menjelaskan bahwa ada tiga hal yang dapat menjadi penyebab munculnya memar pada kulit secara tiba-tiba.

"Memar di manusia ini bisa menjadi tiga sebabnya. Yang pertama karena kelainan pembuluh darahnya misal pembuluh darahnya lebih tipis," kata dr Agung.

"Lalu yang kedua karena trombositnya terganggu atau trombositnya kurang, atau yang ketiga karena gangguan pembekuan darah atau koagulasi," tambahnya lagi.

Munculnya memar juga dapat menjadi sebuah indikasi adanya penyakit lain yang diidap pasien. Beberapa di antaranya adalah kanker darah dan juga diabetes.

"Kanker darah ini bisa menyebabkan lebam karena dia menekan produksi dari trombosit sehingga menyebabkan adanya trombosit turun," terang dr Agung.

"Kalau trombosit terlalu rendah, bisa mudah berdarah. Kalau trombosit terlalu tinggi, bisa mudah terjadi gumpalan darah. Biasanya kalau lebam itu karena trombosit rendah," sambungnya.

Lebih lanjut pada kasus diabetes, dr Agung menjelaskan bahwa tidak semua pasien diabetes mengalami memar pada tubuhnya. Namun ia mengimbau masyarakat untuk melakukan pemeriksaan jika menemukan memar pada kulit tanpa sebab yang jelas.

"Tidak semua pasien diabetes memiliki lebam. Namun dia dapat mengganggu dari si pembuluh darahnya tadi hingga menjadi lebih rapuh," ucap dr Agung.

"Kita harus cek lebih lanjut sih, jika terjadi lebam apakah ada penyakit lain yang mendasarinya," pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tetiba Muncul Memar di Kulit? Waspadai Kelainan Pembuluh Darah-Kanker"