Hagia Sophia

15 June 2023

Indonesia Disebut Masuk Fase Endemi, Kasus COVID-19 Terjadi Penurunan

Situasi pandemi COVID-19 di Indonesia. (Magdalena HNG/detikcom)

Indonesia disebut memasuki fase endemi COVID-19. Hal ini tercermin dari tren penurunan jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 dan pasien yang membutuhkan perawatan intensif di RS maupun isolasi.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu mengatakan sejak aturan PPKM dicabut, Indonesia sudah masuk fase transisi endemi COVID-19. Ke depannya, COVID-19 disebut akan diperlakukan seperti penyakit biasa

"Jadi (COVID-19) sudah masuk seperti penyakit yang sudah biasa, jadi nanti pembiayaannya bisa pakai BPJS Kesehatan," kata Maxi saat ditemui di kawasan Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Kamis (15/6/2023).

Maxi mengatakan saat masa endemi, vaksinasi booster COVID-19 akan menjadi pilihan individu. Sementara vaksin COVID-19 primer dimasukkan ke dalam program nasional yang akan ditanggung pemerintah.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi mencabut status kedaruratan global COVID-19 pada 5 Mei lalu. Pencabutan status kedaruratan telah ditetapkan dengan berbagai pertimbangan. termasuk tren COVID-19 mulai menurun bersamaan dengan meningkatnya kekebalan populasi atau herd immunity, baik dari vaksinasi maupun infeksi sebelumnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "RI Masuk 'Endemi', Kemenkes: COVID-19 Sudah Jadi Penyakit Biasa"