Hagia Sophia

15 June 2023

Pria Obesitas dari Tangerang Terindikasi Filariasis, Apa Maksudnya?

istimewa

Kasus obesitas ekstrem yang terjadi pada pria Tangerang berbobot 300 kg kini tengah ditangani oleh Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Dengan perawatan intensif, Muhammad Fajri, dirawat oleh 15 dokter spesialis sekaligus.

Berdasarkan pemaparan pada konferensi pers, Rabu (14/6/2023), terungkap bahwa Fajri terindikasi filarisis, atau kaki gajah. Ini disampaikan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr dr Shannaz Nadia Yusharyahya, SpKK(K), MHA, salah seorang dokter yang turut menangani kasus tersebut.

"Ketiga adalah kaki kanan yang membesar itu kita membuat difusi dengan limfedema, yaitu akibat dari sumbatan limfe. Kemungkinan juga penyebabnya apa, apakah kemungkinan ada devite di trombosit tadi sedang kita cari," ungkap dr Nadia.

"Mungkin juga salah satu diri kita [diagnosis] itu adalah filariasis dan jadi kita sedang mencari juga penyebab dari kaki kanannya yang menjadi bengkak membesar tersebut," lanjutnya.

Pasalnya, pembengkakan pada kaki kanannya ini baru terjadi tiga bulan yang lalu. Inilah yang juga memberikan kontribusi terhadap berat badannya yang meningkat cepat.

Lebih lanjut, dr Nadia menjelaskan bahwa dugaan sementara alasan terjadinya pembengkakan ini mungkin ada sangkut pautnya dengan kecelakaan yang pernah menimpanya silam.

"Kalau menurut kami pokoknya jelas ada hubungan dengan sumbatan limfe, obesenya sih bisa, tapi kemungkinan besar ada hubungan dengan kecelakaan tiga tahun lalu, ini masih dugaan ya," pungkas dr Nadia.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terindikasi Filariasis, Kaki Kanan Pria Obesitas 300 Kg Asal Tangerang Membesar"