Hagia Sophia

07 June 2023

Ini Manfaatnya Minum Susu untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan

Ilustrasi minum susu. Foto: shutterstock

Susu memberikan manfaat dan menjadi sumber dari banyaknya nutrisi penting, contohnya kalsium, protein, dan vitamin D. Tak heran, beberapa orang sering menjadikan segelas susu sebagai pengganti makanan utuh.

Anak-anak juga dibiasakan mengonsumsi susu sebelum beraktivitas di pagi hari. Hal ini dikarenakan susu menjadi sumber nutrisi penting bagi anak-anak sehingga baik dikonsumsi sebelum memulai kegiatan.

Mengutip laman Better Health Channel, susu sapi mengandung kalsium, riboflavin, fosfor, vitamin A dan vitamin B12, kalium, magnesium, seng, yodium, protein, kolin, magnesium, dan selenium. Kandungan inilah yang akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Manfaat Susu bagi Kesehatan Tubuh

Nutrisi yang terkandung dalam susu memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat susu bagi tubuh.

1. Kesehatan Tulang
Seperti yang diketahui, susu memiliki kandungan utama yang sangat baik untuk kesehatan tulang yaitu kalsium. Selain itu susu juga mengandung vitamin D yang sama baiknya untuk kesehatan tulang.

Kalsium merupakan mineral yang penting untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang. Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan selalu mengonsumsi susu agar mendapatkan pertumbuhan yang maksimal.

2. Kesehatan Otak
Susu mengandung protein, vitamin D, kalium, dan kalsium yang menjadi nutrisi penting untuk kesehatan otak yang optimal. Konsumsi susu secara rutin dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memori pada otak.

3. Kesehatan Jantung
Potassium yang terkandung pada susu dapat membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Ketika tubuh memperoleh lebih banyak kalium dan mengurangi natrium (garam), tekanan darah dapat turun sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Mengatasi Depresi
Susu memiliki kadar vitamin D yang dapat membantu produksi serotonin, yaitu hormon yang berhubungan dengan suasana hati, nafsu makan, dan tidur. Dari penelitian yang dikutip dari Medical News Today, dikatakan bahwa konsumsi vitamin D dapat membantu penderita depresi berat untuk mengatasi gejalanya.

5. Melindungi dari Kanker
Kalsium dan vitamin D adalah dua senyawa yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit kanker. Kalsium akan melindungi lapisan usus sehingga bisa mengurangi risiko dari kanker usus besar atau kanker rektum.

Lalu, vitamin D memiliki manfaat untuk mengatur pertumbuhan sel pada tubuh. Ini akan membantu melindungi tubuh dari pertumbuhan kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker payudara.

6. Membentuk Otot
Susu mengandung sekitar 8 gram protein per cangkir, di mana protein mengandung semua asam amino esensial. Protein dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki jaringan tubuh dan mempertahankan atau meningkatkan massa otot tanpa lemak.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan
Ketika melakukan diet yang mencakup jumlah protein yang cukup dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan. Namun, jika ingin menurunkan berat badan dapat memilih susu skim atau susu rendah lemak.

8. Kesehatan Gigi
Gigi memerlukan banyak kalsium dan tidak ada yang lebih baik selain susu. Susu memiliki tingkat kalsium yang tinggi sehingga dapat membuat gigi lebih kuat dan mencegah kerusakan pada gigi.

Namun, kalsium dalam susu hanya bisa diserap tubuh jika ada vitamin D. Maka, pilihlah susu yang mengandung protein sekaligus vitamin D agar langsung mendapatkan manfaatnya sekaligus.

Beragam manfaat di atas bisa didapatkan dengan rajin konsumsi segelas susu setiap harinya. Mulai biasakan konsumsi susu agar dapat memperoleh nutrisi yang maksimal ya























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Manfaat Susu bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Menurunkan Berat Badan Loh!"