Hagia Sophia

07 June 2023

Berikut Manfaat Daun Binahong Sebagai Tanaman Herbal untuk Kesehatan

Foto: istock

Binahong termasuk tanaman obat yang menawarkan berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh. Terdapat dua jenis tanaman binahong, yaitu binahong hijau dan binahong merah.

Ciri-ciri daun binahong yaitu berwarna hijau, agak tebal, dan bentuknya menyerupai hati. Permukaan daun binahong licin dengan tangkai pendek. Daun binahong bisa dimakan dan sering dijadikan tanaman herbal.

Simak 14 manfaat daun binahong sebagai tanaman herbal bagi kesehatan tubuh berikut ini.

Manfaat Daun Binahong

Binahong merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman binahong tumbuh merambat, mirip dengan daun sirih.

Binahong merupakan tanaman herbal yang memiliki berbagai khasiat untuk tubuh. Daun binahong biasa diambil untuk dikonsumsi atau dijadikan obat luar. Berikut ini adalah manfaat daun binahong bagi kesehatan tubuh.

1. Menyembuhkan Luka
Daun binahong bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Pasca operasi, biasanya pasien akan mendapatkan luka, baik luka dalam mapun luka terbuka.

Daun binahong mampu menyembuhkan luka yang sulit kering. Rebusan air daun binahong dipercaya mampu mempercepat proses pengeringan luka pasca operasi.

2. Mengatasi Diare
Daun binahong ternyata juga mampu mengatasi diare yang diakibatkan oleh bakteri. Keberadaan bakteri E.coli di atas jumlah normal dapat menjadi penyebab diare.

Kandungan zat flavonoid, mintak atsiri, saponin, terpenodi, dan alkaloid terdapat pada daun binahong. Zat-zat ini memiliki peran sebagai antibakteri dan mampu mengatasi diare akibat bakteri.

3. Menurunkan Risiko Kanker
Manfaat daun binahong selanjutnya adalah menurunkan risiko penyakit kanker pada tubuh. Daun binahong terkenal akan kandungan antioksidannya yang mampu menurunkan risiko sel kanker tumbuh di dalam tubuh.

Meminum air rebusan daun binahong secara rutin dapat mencegah penyakit kanker.

4. Meredakan Nyeri Haid
Sebagai tanaman herbal, daun binahong juga memiliki kemampuan untuk meredakan nyeri haid. Untuk meredakan nyeri haid, kamu bisa mengonsumsi air rebusan daun binahong sebanyak 3 lembar daun.

5. Menurunkan Kolesterol
Manfaat daun binahong lainnya, yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Ekstrak daun binahong bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak yang ada di dalam darah.

Kadar kolesterol yang turun baik bagi kesehatan jantung. Mengkonsumsi daun binahong bisa menghindari penyakit jantung seperti serangan jantung, gagal jantung, dan sebagainya.

6. Meredakan Wasir
Daun binahong merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki manfaat meredakan wasir atau ambeien. Cara untuk meredakan wasir yaitu mengonsumsi air rebusan daun binahong sebanyak 1 gelas hingga wasir reda.

7. Obat Jerawat
Manfaat daun binahong bagi kecantikan yaitu sebagai obat jerawat. Daun binahong mampu mengurangi produksi minyak pada wajah dan mengecilkan pori-pori sehingga jerawat dapat teratasi.

Selain sebagai obat jerawat, daun binahong juga bisa membantu mencerahkan dan mengencangkan kulit. Caranya cukup menjadikan daun binahong sebagai masker wajah.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Daun binahong bermanfaat meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh. Agar mampu meningkatkan daya tahan tubuh, kamu bisa mengkonsumsi air rebusan daun binahong sehari sekali secara rutin.

Cara membuat air rebusan daun binahong yaitu dengan merebus satu hingga dua lembar daun dengan dua gelas air.

9. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Manfaat daun binahong selanjutnya, yaitu meningkatkan kesehatan pencernaan. Daun binahong kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan dan memelihara kesehatan pencernaan.

Serat yang terkandung di dalam daun binahong juga mampu memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah sehingga risiko resistensi insulin, diabetes, dan gangguan metabolisme lainnya menurun.

10. Mengobati Maag
Daun binahong bermanfaat untuk mengobati penyakit maag karena kandungan saponin yang ada di dalamnya. Tingginya kadar asam lambung ketika penyakit maag kambuh dapat diatasi dengan senyawa bersifat basa.

Kandungan saponin yang tinggi dalam daun binahong memiliki sifat basa yang mampu menetralisir asam lambung.

11. Meredakan Tifus
Daun binahong juga mampu meredakan tifus. Sifat bakteriostatik pada daun binahong lah yang manjur untuk meredakan tifus.

Tifus sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Ekstrak daun binahong dipercaya mampu menekan pertumbuhan bakteri Salmonella typhi sebagai penyebab tifus.

12. Mencegah Stroke
Daun binahong bermanfaat untuk mencegah penyakit stroke. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ekstrak daun binahong mampu menurunkan kadar kolesterol sehingga kesehatan jantung meningkat dan mencegah penyakit stroke.

13. Mengobati Sariawan
Rebusan daun binahong juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sariawan. Air rebusan daun binahong yang telah didinginkan dapat dikonsumsi untuk meredakan sariawan di mulut.

14. Mengobati Asam Urat
Berbagai penelitian menyebutkan bahwa daun binahong berkhasiat untuk mengobati asam urat. Kandungan flavonoid pada daun binahong mampu menghambat pembentukan asam urat dan mengurangi risiko terkena asam urat.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "14 Manfaat Daun Binahong, Tanaman Herbal yang Baik bagi Tubuh"