Hagia Sophia

07 June 2023

Pentingnya Konsumsi Air Hangat yang Jarang Diketahui

Foto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra

Minum air putih penting untuk kesehatan agar tubuh tetap terhidrasi. Air hangat dan dingin keduanya sama-sama untuk menghidrasi. Namun tetap ada manfaat lain yang bisa didapatkan dari minum air hangat ataupun air dingin.

Air hangat paling baik dikonsumsi pada suhu sekitar 54 - 71 derajat. Jika lebih panas dari itu, khawatir dapat membakar lidah.

Minum air hangat dipercaya lebih baik untuk kesehatan. Apakah benar begitu? Berikut beberapa manfaat dari minum air hangat.

Manfaat Minum Air Putih Hangat bagi Kesehatan

Dikutip dari laman Healthline, disebutkan bahwa minum air hangat dapat memperlancar pencernaan dan sistem pernafasan.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari minum air putih hangat, di antaranya adalah:

1. Mengurangi Kembung
Minum air putih hangat di pagi hari dapat mengurangi perut kembung. Air hangat bisa melemaskan otot perut dan merilis gas yang ada di dalam perut.

Selain diminum, air panas juga bisa dimasukkan ke dalam botol kemudian diletakkan di atas perut untuk merelaksasi otot perut.

2. Mendetoks Tubuh
Untuk mendetoksifikasi tubuh, kamu bisa mengkonsumsi air hangat secara rutin di pagi dan malam hari.

Dikutip dari Healthline, minum air hangat sebelum tidur akan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sepanjang malam dan dapat mencegah berbagai racun yang tidak baik bagi tubuh.

Akan tetapi, hindari minum air hangat terlalu dekat dengan waktu tidur karena dapat mengganggu waktu tidur untuk pergi ke toilet.

3. Memperlancar Pencernaan
Minum air hangat ternyata dapat menstimulasi sistem pencernaan. Sembelit dan sakit perut dapat disebabkan oleh adanya penumpukan makanan di usus.

Penumpukan makanan tersebut juga dapat terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi. Mengkonsumsi air hangat dapat menghidrasi dan menguras racun yang ada di dalam tubuh.

4. Meredakan Hidung Tersumbat
Segelas air hangat dapat membantu untuk meredakan hidung tersumbat. Masukan air hangat ke dalam gelas dan hirup dalam-dalam uap yang muncul dari air hangat tersebut.

Menghirup uap dari air panas ini juga dipercaya dapat meredakan sakit kepala akibat sinus.

5. Mengobati Akalasia
Akalasia merupakan penyakit yang ada pada kerongkongan. Pada kondisi ini kerongkongan mengalami kesulitan dalam memindahkan makanan dari tenggorokan ke perut. Penderitanya akan mengalami kesulitan menelan makanan.

Oleh karena itu, minum air hangat dapat membantu untuk menelan makanan.

6. Mengurangi Kedinginan
Penelitian dari Nathan B. Morris dan Ollie Jay pada tahun 2017 membuktikan bahwa air hangat dapat mengurangi rasa dingin dan menggigil. Air hangat dapat mengontrol suhu tubuh.

7. Meningkatkan Sistem Saraf Pusat
Minum air hangat secara rutin dapat membantu untuk meningkatkan fungsi saraf pusat. Hal ini dikarenakan air hangat dapat menghidrasi dan berdampak baik untuk saraf.

8. Mengurangi Stres
Air hangat juga dapat mengurangi stres karena bisa merelaksasi pikiran dan suasana hati. Minum air hangat saat sedang emosi dan banyak pikiran dapat mengurangi stres dan menenangkan pikiran.

9. Membuat Tidur Lebih Nyenyak
Jika minum air putih hangat sebelum tidur dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak karena dapat membuatmu merasa lebih tenang.

Selain itu, minum air hangat juga dapat membuatmu lebih mudah mengantuk dan meningkatkan kualitas tidur.

10. Memperlancar Sirkulasi Darah
Minum air hangat di pagi hari dapat memperlancar sirkulasi darah. Selain dengan minum air hangat, mandi dengan air hangat juga dapat menenangkan tubuh dan memperlancar peredaran darah.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Diketahui"