Hagia Sophia

07 June 2023

Beberapa Manfaat dari Mengkonsumsi Buah Mengkudu

Foto: iStock

Mengkudu memiliki nama latin Morinda citrifolia. Buah ini berwarna hijau dengan ukuran yang kecil dan memiliki banyak tonjolan kecil di permukaannya. Mengkudu banyak ditemukan di Asia Tenggara, Australia, dan India.

Semua bagian dari pohon mengkudu baik akar, tangkai, bunga, daun dan buah banyak digunakan dalam pembuatan obat.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat mengkudu, yuk simak pembahasannya berikut ini.

Manfaat Buah Mengkudu

Dilansir dari WebMD, buah mengkudu banyak digunakan untuk pengobatan kanker dan tekanan darah tinggi. Buah ini dapat dikonsumsi sebagai jus untuk mendapatkan manfaatnya.

Jus buah mengkudu memiliki kandungan potasium yang tinggi. Selain itu terdapat vitamin C, vitamin A, folat, magnesium, dan kalsium. Buah ini juga kaya antioksidan yang dapat memperbaiki sel yang rusak dan menaikan imun tubuh.

Berikut manfaat dari mengkonsumsi buah mengkudu.

1. Menangkal Radikal Bebas
Buah mengkudu sering dijadikan jus untuk dikonsumsi. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah ini dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh.

Antioksidan utama dari jus buah mengkudu mengandung beta karoten, iridoids, vitacimin C dan E.

2. Mencegah Penyakit Jantung
Buah mengkudu juga baik untuk kesehatan jantung dengan menenangkan sel-sel otot yang dapat melebarkan pembuluh darah. Sehingga jantung akan lebih mudah untuk memompa darah ke tubuh.

Kandungan antioksidan yang ada di dalam buah mengkudu juga baik. Hal ini karena buah mengkudu dapat memberikan efek vasodilatasi yang dapat membantu untuk mengatur tekanan darah.

3. Melindungi Hati
Selain baik untuk jantung, buah mengkudu juga bernutrisi untuk melindungi organ hati dari berbagai penyakit. Buah ini terbukti dapat melatih efek hepatoprotektif yang dapat melindungi hati dari paparan bahan kimia eksogen kronis.

Kandungan yang ada di dalam buah mengkudu juga dapat mencegah penyakit yang dapat merusak organ hati.

4. Menjaga Kolesterol
Jus buah mengkudu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat mencegah penyumbatan kolesterol dalam pembuluh darah.

5. Mengurangi Rasa Lelah
Bangsa Polinesia telah menggunakan buah mengkudu sebagai ramuan yang dapat mengurangi rasa lelah setelah aktivitas yang panjang.

Jus buah noni atau mengkudu ini dapat dikonsumsi untuk menghilangkan rasa lelah dan memberi energi tambahan setelah diminum.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah
Buah mengkudu juga dapat menurunkan kadar gula darah sehingga baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Hal ini dikarenakan buah mengkudu memiliki kandungan pahit yang dapat mengontrol insulin dalam darah.

7. Baik Untuk Diet
Kemampuan untuk mengontrol kandungan gula dalam darah membuat buah mengkudu baik untuk diet. Selain itu, buah mengkudu ini juga dapat mencegah kolesterol sehingga dapat menjaga berat badan agar tetap ideal.

Namun konsumsi buah mengkudu tetap harus disertai dengan olahraga rutin.

8. Mengurangi Risiko Kanker
Kandungan antioksidan yang tinggi dapat mencegah risiko kanker bagi penggunanya. Hal ini karena kandungan antioksidan dapat mengurangi stres oksidatif di dalam tubuh.

Stres oksidatif sering dikaitkan dengan terjadinya berbagai macam penyakit, khususnya kanker.

9. Meningkatkan Imun
Buah mengkudu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan scopoletin dalam buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi, antijamur, dan anti bakteri yang dapat membantu tubuh melawan virus.

Secara tidak langsung, buah mengkudu dapat meningkatkan imunitas dan memperkuat daya tahan tubuh.

10. Mengobati Arthritis
Buah mengkudu juga sering dipakai sebagai obat herbal yang berguna untuk meredakan nyeri dari Arthritis. Kandungan dalam buah ini dapat meredakan radang pada sendi.

Terdapat kandungan analgesik yang dapat mengurangi rasa sakit dan sensitivitas dari sendi.

11. Meningkatkan Fungsi Memori
Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah mengkudu dapat meningkatkan fungsi memori otak. Kamu bisa mengkonsumsi akar dari buah mengkudu untuk mendapatkan efek perlindungan dalam memori otak.

12. Mencegah Asam Urat
Buah mengkudu dapat memperlambat enzim xanthine oxidase yang bisa mengakibatkan asam urat. Hal ini karena buah mengkudu memiliki sifat terapeutik untuk menyembuhkan asam urat.

13. Merawat Kecantikan Kulit
Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, manfaat buah mengkudu juga baik untuk kesehatan kulit lho! Buah mengkudu sering dianggap sebagai buah sakti untuk perawatan kulit.

Kandungan antioksidan, vitamin C dan E dapat membuat kulit kencang juga mencegah terjadinya kerutan. Hal ini tentu dapat membuat kulit terlihat lebih muda dan sehat.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "13 Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan, Buah Hijau Kaya Khasiat"