Hagia Sophia

07 June 2023

Beberapa Manfaat Lari Pagi, Tidak Hanya Menyehatkan Badan

Foto: ilustrasi/thinkstock

Lari pagi adalah olahraga yang banyak dilewatkan orang, padahal manfaatnya sangat besar. Manfaat lari pagi tidak sekadar menyehatkan badan. Ada sejumlah manfaat lain yang berguna untuk kesehatan jiwa atau pikiran.

Kelebihan lain dari lari pagi yaitu merupakan olahraga yang sangat murah. Dikutip dari Healthline, kamu pun tak perlu berlama-lama lari pagi. Cukup sempatkan 10 menit rutin tiap pagi untuk mendapatkan manfaatnya.

Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan

Gunakanlah sedikit waktumu di pagi hari untuk mendapatkan manfaat lari pagi. Berikut 7 manfaat lari pagi yang dirangkum dari medicalsociety.co.za dan siloamhospital.com.

1. Mengurangi Stres
Lari pagi bisa mencegah kamu menjalani hari dengan mood yang buruk. Sebab lari pagi bisa mengatasi stres karena pikiran menjadi segar dan suasana hati menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan lari pagi dapat melepaskan hormon bahagia dan mengurangi kortisol.

2. Meningkatkan Kinerja Otak
Melakukan olahraga pagi, termasuk lari pagi, dapat meningkatkan kinerja otak sehingga kamu bisa menjalankan pekerjaanmu dengan lebih fokus. Dengan lari pagi, sirkulasi darah ke otak bisa semakin lancar. Jaringan frontal dan parietal pun semakin terhubung dengan kuat sehingga kemampuan kontrol diri dan daya ingat akan semakin baik.

3. Tidur Pulas
Jika kamu memiliki masalah tidur, mungkin lari pagi bisa menjadi solusi yang tepat. Badan yang aktif sejak pagi akan segar pada siang harinya.

Dengan begitu, di malam hari, kamu menjadi lebih siap beristirahat karena badan kamu akan membutuhkannya. Bisa kita katakan bahwa orang yang bangun pagi adalah orang yang tidur lebih awal.

4. Menghirup Udara Segar
Udara pagi adalah udara terbaik karena lebih bersih dibandingkan siang hari. Sebab di pagi hari kendaraan bermotor masih belum banyak berlalu lalang, sehingga tidak menyebabkan asap dan polusi. Otomatis paru-paru pun mendapatkan udara yang lebih segar.

Udara bersih dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, meredakan alergi dan asma, hingga membantu memperlambat proses penuaan kulit.

5. Menguatkan Tulang
Sudah bukan rahasia jika lari dapat menguatkan tulang dan sendi. Memang bagi kamu yang tidak pernah berolahraga lari, pasti akan merasa pegal di awal. Jika kamu tetap melakukannya secara rutin, justru tulang dan otot kamu akan semakin kuat.

Tulang kuat akan bermanfaat untuk mencegah osteoporosis dan penyakit tulang lainnya. Namun jika kamu merasakan sakit yang tidak wajar karena lari, hentikan sementara dan konsultasikan dengan ahli.

6. Menciptakan Konsistensi
Membiasakan diri berlari pagi bisa menciptakan konsistensi diri. Rutinitas ini dapat membuat kegiatanmu lebih tertata. Jadwal kegiatan setelah bekerja pun tidak akan terganggu oleh olahraga.

7. Mempercepat Metabolisme Tubuh
Lari pagi dapat meningkatkan metabolisme tubuh di pagi hari. Jangan lupa sarapan setelah berolahraga. Dengan begitu kamu akan mendapatkan manfaat baik dari makananmu.

Ini karena makanan tersebut akan dicerna lebih baik oleh tubuh menjadi sumber energi dan membuang lemak jahat. Hal ini tentu sangat baik buat kamu yang ingin menurunkan berat badan.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Jiwa dan Raga"