Hagia Sophia

07 June 2023

Enigma, Berlian Hitam Terbesar di Dunia

Ini Dia Enigma, Berlian Hitam Terbesar di Dunia. Foto: Wikimedia Commons

Enigma adalah berlian hitam jenis carbonado dan merupakan potongan berlian terbesar di dunia menurut Guinness World Record. Berat berlian ini 555,55 karat atau 111 gram dan memiliki 55 wajah mengesankan.

Sementara sebagian besar berlian ditemukan jauh di dalam permukaan Bumi di batuan beku kimberlite, Enigma memiliki banyak teori yang bersaing tentang asal-usulnya. Banyak yang menyebut batuan mulia ini dibawa ke permukaan Bumi oleh meteorit. Pasalnya, berlian carbonado mengandung mineral osbornite, yang hanya ditemukan di meteor, menunjukkan bahwa berlian tersebut berasal dari luar angkasa.

Berlian hitam ini diperkirakan berusia sekitar 2,6 hingga 3,8 miliar tahun, dan hanya pernah ditemukan di Brasil dan Republik Afrika Tengah. Diduga, hal tersebut dikarenakan di masa ini dalam sejarah Bumi, pantai barat Afrika dan Brasil modern mungkin telah menyatu menjadi benua super dengan cara yang mirip dengan Pangaea atau Gondwanaland.

Dikutip dari IFL Science, batu-batu ini adalah bahan berlian polikristalin atau agregat menurut International Gem Society dan mengandung karbon amorf, berlian, dan grafit. Mereka hanya ditemukan di endapan batuan sedimen aluvial. Hal ini membuat Enigma jauh lebih tahan lama daripada berlian kristal biasa, dan karena itu berlian membutuhkan waktu tiga tahun untuk bisa dipotong dan dipoles ke-55 sisinya.

Batuan ini tampak seperti batu biasa. Setelah dipoles, batuan ini sebenarnya berlian dari luar angkasa. Foto: Wikimedia Commons

Para peneliti memperkirakan bahwa carbonados terbentuk dalam ledakan supernova dan sifatnya yang tidak biasa terbentuk sebelum mencapai Bumi. Peneliti lainnya mengemukakan teori bahwa dampak pendaratan material ke permukaan Bumi menyebabkan batu-batu luar biasa ini terbentuk.



Pada Februari 2022, situs lelang benda antik dan mewah Sotheby's melelang berlian Enigma seharga USD 4,3 juta. Sotheby's tidak mengungkapkan pembelinya, namun seorang pengusaha konglomerat bernama Richard Heart mengumumkan di media sosial bahwa dia telah membeli berlian menggunakan cryptocurrency dan menamainya berlian Hex.com sesuai dengan nama bisnis cryptocurrency-nya.
























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Ini Dia Enigma, Berlian Hitam Terbesar di Dunia"