Hagia Sophia

27 June 2023

Kapal Titan Meledak, Semua Penumpangnya Tewas Tidak Sampai 1 Detik

Kapal selam wisata Titanic meledak, semua penumpang tewas. (Foto: OceanGate Expeditions via AP, File)

Kapal selam Titan yang hilang selama empat hari berakhir dengan tragis, dikonfirmasi mengalami ledakan dahsyat pada beberapa titik selama perjalanan menuju bangkai kapal Titanic. Lima orang penumpang dinyatakan tewas.

"Bidang puing yang terdiri dari lima potongan besar yang berbeda dari puing-puing berbagai bagian kapal selam ditemukan di dasar laut oleh kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh, sekitar 500 meter dari haluan Titanic," kata para pejabat, dikutip dari Channel News Asia.

Ledakan disebut terjadi karena tekanan tinggi pada kedalaman 3.800 meter di bawah air. Menurut pakar, ledakan semacam ini tentu fatal bagi semua penumpang.

Bahkan, perkiraannya membunuh semua orang dalam waktu kurang dari 20 milidetik.

"Faktanya, otak manusia bahkan tidak dapat memproses informasi dengan kecepatan ini," jelas Eric Fusil Associate Professor, School of Electrical and Mechanical Engineering, University of Adelaide.

"Sehingga begitu meyakinkan penumpang Titan sebenarnya tidak mengalami kesakitan saat meninggal," lanjut dia.

Senada, mantan Direktur Kedokteran Bawah Laut dan Kesehatan Radiasi Angkatan Laut AS Dale Mole mengungkapkan tubuh korban di tengah ledakan tersebut berakhir hancur seketika imbas tingginya tekanan di kedalaman ribuan meter di bawah laut.

"Rasanya akan seperti diam di sini sebentar lalu saklar listrik dimatikan. Anda hidup satu milidetik dan milidetik berikutnya Anda mati," beber Mole dikutip dari DailyMail, Jumat (23/6/2023).

"Tubuh korban akan hancur seketika," lanjut dia.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kapal Selam Titan Meledak, Penumpang Disebut Tewas Kurang dari 20 Milidetik"