Hagia Sophia

27 June 2023

Ini yang Terjadi Terhadap Tubuh Korban Kapal Titan

Kapal selam titan yang meledak di dalam laut. (Foto: Action Aviation via AP)

Kapal selam wisata eksplorasi puing kapal Titanic, Titan yang sempat hilang selama beberapa hari akhirnya dikonfirmasi mengalami ledakan dahsyat. Kapal tersebut mengalami 'catastrophic implosion' dan membuat seluruh penumpang yang ada di dalamnya tewas.

Lima orang yang tewas adalah Suleman Dawood (19), Shahzada (48), Hamish Harding (58), Paul-Henri Nargeolet (77), dan Stockton Rush (61).

Ledakan ke dalam atau implosion tersebut terjadi karena tekanan tinggi yang ada pada kedalaman 3.800 meter dari atas permukaan laut. Ledakan tersebut terjadi begitu cepat hingga 20 milidetik sampai membuat seluruh penumpang tewas seketika.

"Faktanya, otak manusia bahkan tidak dapat memproses informasi dengan kecepatan ini," jelas Eric Fusil Associate Professor, School of Electrical and Mechanical Engineering, University of Adelaide.

"Sehingga begitu meyakinkan penumpang Titan sebenarnya tidak mengalami kesakitan saat meninggal," lanjut dia.

Hal yang sama diungkapkan oleh mantan direktur kedokteran bawah laut dan kesehatan radiasi Angkatan Laut AS Dale Mole. Menurut Mole, kejadian tersebut membuat penumpang mengalami kematian yang sangat tiba-tiba.

"Kematian yang terjadi akan sangat tiba-tiba. Sehingga bahkan mereka tidak tahu bahwa ada masalah atau apa yang terjadi pada mereka," ucap Mole dikutip dari DailyMail, Jumat (23/6/2023).

"Rasanya akan seperti diam di sini sebentar lalu saklar listrik dimatikan. Anda hidup satu milidetik dan milidetik berikutnya Anda mati," sambungnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa penyebab mengapa kapal selam Titan meledak masih menjadi tanda tanya. Ledakan itu dapat terjadi karena kebocoran, kebakaran kecil, korsleting listrik, hingga padamnya listrik.

Mole juga menambahkan bahwa kondisi jasad penumpang yang menjadi korban akan hancur seketika karena ledakan dan tekanan tinggi yang terjadi di kedalaman laut.

Tekanan tinggi dari air tersebut dapat merobek lambung kapal selam dan menghancurkan apa yang ada di dalamnya dengan cepat.

"Tubuh korban akan hancur seketika," pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tubuh Korban Ledakan Kapal Selam Titan Hancur Seketika, Ini yang Terjadi"