Hagia Sophia

27 June 2023

Ini Kata Pakar Terkait Mimpi yang Paling Umum dan Maknanya

Ilustrasi seseorang sedang tidur bermimpi (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Pernahkah terbangun sambil bertanya-tanya tentang arti mimpi yang dialami? Setiap malam, saat tidur, seseorang akan mengalami sekitar lima episode mimpi. Biasanya ini akan berlangsung antara 15 sampai 40 menit. Mimpi sebenarnya terjadi sepanjang malam, ini terjadi pada fase tidur rapid eye movement (REM).

Saat tidur, pikiran seseorang aktif, menciptakan cerita dan gambar yang bisa hidup atau cepat berlalu, tak masuk akal, atau sangat menakutkan. Imbasnya, tak sedikit orang yang penasaran apakah ada makna di balik mimpi yang dialami?

Para peneliti Get Laid Beds telah bekerja sama dengan pakar tidur, dr Daisy Mae, untuk memberikan wawasan tentang mimpi yang kerap kali dicari berdasarkan data penelusuran Google dalam sebulan. Mereka juga mengungkapkan beberapa makna di baliknya.

Dikutip dari Daily Mail, berikut sepuluh besar mimpi yang paling dicari di seluruh dunia menurut penelitian pada Maret 2023:
  • Mimpi gigi rontok 22.200
  • Mimpi tentang laba-laba 5.400
  • Mimpi dikejar 2.400
  • Mimpi rambut rontok 2.000
  • Mimpi jatuh 1.900
  • Mimpi mantan 1.900
  • Mimpi terbang 1.800
  • Mimpi meninggal 1.600
  • Mimpi selingkuh 1.300
  • Mimpi pasangan selingkuh 1.200
Dari 10 mimpi paling umum tersebut, pakar tidur yang telah bekerja di National Health Service (NHS) selama 30 tahun itu membahas makna dari lima mimpi. Berikut penjelasannya.

1. Arti Mimpi Gigi Rontok
Gigi rontok merupakan mimpi yang sangat umum dan kerap kali dicari oleh banyak orang. Menurut dr Mae, mimpi ini kerap kali dikaitkan dengan perasaan seseorang yang khawatir kehilangan sesuatu penting baginya.

'Ini bisa jadi anggota keluarga, hubungan atau bahkan barang tertentu. Hanya Anda yang tahu apa yang Anda khawatirkan tentang kehilangan, tetapi seringkali itu terkait dengannya," tutur dr Mae.

2. Bermimpi Tentang Laba-laba
Bermimpi tentang laba-laba sedikit lebih rumit, karena makna mimpi dapat bervariasi tergantung pada apa yang dilakukan laba-laba, dan bagaimana perasaan seseorang terhadap hewan tersebut.

Arti mimpi tentang laba-laba tergantung pada apa yang sebenarnya dilakukan laba-laba dalam mimpi itu. Jika ada laba-laba di sekitar, dan seseorang biasanya takut laba-laba, maka itu bisa mencerminkan sesuatu yang ditakuti dalam kehidupan nyata. Misalnya, terkait apakah itu kekhawatiran hubungan, kekhawatiran keuangan, atau bahkan kekhawatiran pekerjaan.

'Namun, jika laba-laba menggigit Anda, maka bisa jadi Anda merasa diserang atau menjadi korban seseorang dan itu sedikit bermain di pikiran Anda. Perlu juga dicatat bahwa semakin besar laba-laba, semakin besar pula masalah dalam kehidupan nyata," katanya lagi.

3. Arti Mimpi Dikejar
Mimpi tentang dikejar adalah salah satu topik yang lebih literal dalam analisis mimpi. Mimpi tersebut bisa saja mencerminkan seseorang melarikan diri dari masalah di kehidupan nyata.

"Segera, masalah ini akan menyusul Anda, jadi yang terbaik adalah menyematkan masalah dan menyelesaikannya," imbuhnya.

"Itu juga bisa berarti bahwa Anda kewalahan dengan tanggung jawab hidup, apakah pengasuhan anak membebani Anda, atau kehidupan kerja Anda. Namun sekali lagi, lebih baik memecahkan masalah ini dan menyelesaikannya secepat mungkin," ungkapnya lagi.

4. Arti Mimpi Rambut Rontok
Bermimpi tentang rambut rontok berbeda dengan mimpi gigi rontok. Menurut dr Mae, bermimpi tentang rambut rontok bisa jadi berhubungan dengan tua.

"Apakah itu menggumpal atau setiap helai di kepala Anda, sering kali dapat berarti bahwa Anda takut menjadi tua atau merasa kurang menarik pada diri sendiri," tuturnya.

"Sayangnya, tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk menjadi tua, tetapi Anda pasti dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri Anda dengan bersikap lebih baik kepada diri sendiri, mengenali kualitas baik Anda atau jika menurut Anda itu benar-benar buruk, dapatkan bantuan dari seseorang di luar seperti terapis atau konselor," katanya.

5. Arti Mimpi Jatuh
Menurut dr Mae, mimpi tentang jatuh biasanya menandakan kehilangan kendali.

"Misalnya, jika Anda bermimpi tentang jatuh dan melarikan diri secara berurutan, ini bisa menunjukkan bahwa Anda kehilangan kendali atas sesuatu dan memilih untuk tidak mengatasinya," kata Dr Mae.

"Jatuh sering menunjukkan bahwa seseorang tidak dapat mengendalikan situasi tertentu dalam hidup mereka, dan mungkin menunjukkan kecemasan karena kehilangan kendali atas peristiwa tertentu atau hal-hal yang terjadi dalam hidup seseorang," tuturnya.

"Perasaan jatuh mungkin merupakan tanda ketidakberdayaan, jadi jika orang lain sedang mengalami sesuatu dan Anda tidak dapat membantu dengan cara apa pun, jatuh dalam mimpi mungkin menandakan itu," sambungnya lagi.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pakar Tidur Ungkap 10 Mimpi Paling Umum dan Makna di Baliknya"