Hagia Sophia

27 June 2023

Ingin Cepat Kurus? Coba Lakukan Hal Ini di Pagi Hari

Minum air putih di pagi hari dapat menurunkan berat badan. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur)

Rutinitas pagi menjadi hal yang penting dalam memulai hari. Pasalnya, rutinitas pagi dapat menentukan kelancaran hari. Hal ini terutama menjadi penting bagi mereka yang sedang diet.

Dikutip dari Healthshot, beberapa rutinitas sehat di pagi hari ini bisa dicoba untuk membantu menurunkan berat badan.

1. Bangun pagi
Bangun pagi bukan berarti harus mengorbankan waktu itu. Penting untuk cukup tidur jika ingin menurunkan berat badan. Karenanya, tidur lebih awal dan bangun pagi untuk menurunkan berat badan.

Setelah tidur malam yang nyenyak, bangun dan ikuti rutinitas pagi untuk memulai hari dengan menghindari ponsel, membuat sarapan sehat, dan bersiap-siap untuk memulai hari. Memiliki awalan yang sehat akan membuat tubuh terasa aktif sepanjang hari.

2. Berjemur di bawah mentari
Selain menjaga tulang tetap kuat, vitamin sinar matahari juga penting untuk menurunkan berat badan. tidurlah lebih awal dan ketika bangun, duduklah di bawah sinar matahari selama beberapa menit untuk mendapatkan vitamin D alami.

Berjemur di bawah matahari pagi akan membantu seseorang lebih energik dan lebih sehat serta menjaga perubahan hormonal sehingga terjadi penurunan berat badan.

3. Berolahraga rutin
Menurut sebuah penelitian di jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise, wanita yang berolahraga di pagi hari cenderung lebih banyak menurunkan berat badan dan tidak terlalu terganggu oleh makanan.

Olahraga pagi yang teratur dapat meningkatkan penurunan berat badan, membantu fungsi tubuh bekerja dengan baik dan membawa kelincahan dan energi ke dalam tubuh.

4. Minum air putih
Jangan lewatkan minum air putih di pagi hari. Minum pertama di pagi hari menjadi hal yang sangat penting. Air dapat meningkatkan fungsi biologis, metabolisme, dan membuang racun dari tubuh. Ini memungkinkan tubuh membakar kalori lebih banyak.

Air juga dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membuat tidak cepat lapar. Sebagai alternatif, air putih bisa ditambah lemon. Air lemon dapat menjadi pilihan yang baik untuk mencoba menurunkan berat badan.

5. Konsumsi sarapan kaya protein
Sesibuk apa pun, jangan pernah melewatkan sarapan dan makanlah sarapan yang tinggi protein. Sebagai seseorang yang sedang diet, apa yang dikonsumsi sangatlah penting dan diet kaya protein dapat membantu menahan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme.

Untuk mendapatkan kandungan protein, seseorang bisa mengonsumsi telur, keju, almond, kacang tahu, dan yogurt Yunani.

6. Kelola stres
Saat sedang stres, tubuh melepaskan kortisol, yakni hormon stres. Ini dapat menyebabkan penambahan berat badan. jadi untuk menghindari stres, kelola stres dengan baik. Menurut American Psychological Association, kelola stres meningkatkan energi dan daya ingat serta meningkatkan fokus.

7. Timbang
Untuk hasil terbaik, timbang berat badan di pagi hari. Menimbang berat badan setiap hari dapat membantu memahami rutinitas dan aktivitas yang membantu menurunkan berat badan. Faktanya, sebuah penelitian pada tahun 2016 di jurnal Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan bahwa pelaku diet yang menimbang berat badan setiap hari mengalami penurunan berat badan sekitar tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan orang yang menimbang diri mereka lebih jarang.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Rutinitas Pagi Buat yang Lagi Diet, Bisa Bikin Cepat Kurus"