Hagia Sophia

18 June 2023

Supaya Umur Panjang, Warga Jepang Anti Soda dan Daging Olahan

Rahasia panjang umur ala warga Jepang. (Foto: Khadijah Nur Azizah/ detikHealth)

Jepang banyak dikaitkan dengan angka harapan hidup yang tinggi. Warga Jepang juga banyak dikenal dengan kebiasaan sehatnya, hingga disebut bisa hidup sampai usia lebih dari 100 tahun dalam berbagai laporan.

Dalam mencapai hal tersebut, menjaga gaya hidup dan pola makan yang sehat menjadi kunci utamanya. Seorang ahli gizi di Jepang, Michiko Tomioka, menjelaskan bahwa warga Jepang umumnya cukup berhati-hati dalam memilih apa yang mereka makan.

Ia meyakini, kebiasaan inilah yang membuat orang Jepang bisa memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Ibu Michiko sendiri misalnya, berhasil hidup hingga usia 86 tahun meski sempat mengidap kanker. Begitu pula dengan bibinya, yang masih hidup sehat hingga usia 98 tahun.

Dikutip dari CNBC, Michiko mengungkap sederet makanan yang tidak pernah disentuh untuk memiliki umur yang panjang.

1. Daging olahan
Daging olahan, seperti sosis, memiliki kandungan garam yang tinggi. Selain itu, daging olahan juga mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko kanker tertentu, seperti kanker kolorektal dan payudara. Michiko menganjurkan untuk menggantikan produk daging olahan dengan tahu sebagai asupan protein.

2. Makanan cepat saji
Makanan cepat saji memang menjadi pilihan yang praktis di tengah kehidupan yang penuh kesibukan. Namun, menurut Michiko, makanan cepat saji ini bisa membuat lebih mudah kembung dan lelah. Selain itu, kandungan garam yang tinggi dan lemak jenuh pada hidangan tersebut bisa memicu melonjaknya kadar kolesterol jahat dalam darah.

3. Soda
Minuman bersoda menjadi salah satu minuman yang digemari banyak orang dari berbagai kalangan. Dalam hal ini, Michiko menegaskan bahwa mengonsumsi soda dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Tak hanya itu, konsumsi minuman tinggi gula juga bisa menghambat konsentrasi dan memicu migrain.

Sebagai gantinya, Michiko lebih memiliki untuk mengonsumsi minuman yang menyegarkan dan rendah kalori, seperti teh hijau.

4. Sereal manis
Menurut Michiko, kandungan gula dalam sereal manis bisa memicu berbagai permasalahan kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, penambahan berat badan, peradangan, hingga risiko terhadap diabetes. Terdapat beberapa opsi sarapan sehat yang disukai Michiko, salah satunya adalah natto dengan nasi multigrain.

5. Krim keju
Produk susu memang dikenal dengan kandungan kalsium dan protein yang baik untuk tubuh. Namun, bukan berarti semua produk susu benar-benar baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah krim keju. Michiko memilih untuk menghindari hidangan ini demi menghindari risiko kolesterol tinggi.

Sebagai opsi lain, ia menggantikan krim keju dengan kinako yang terbuat dari tepung kedelai dan pasta wijen.

6. Permen
Seringkali tak disadari, banyak jenis camilan mengandung gula yang tinggi, seperti halnya permen. Michiko

Michiko lebih banyak mengonsumsi makanan seperti puding biji chia dengan campuran madu, sirup, pisang, atau cokelat hitam tanpa pemanis tambahan sebagai opsi camilan sehat.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Anti Banget Soda-Daging Olahan Jadi Resep Warga Jepang Panjang Umur"