Hagia Sophia

18 June 2023

Beberapa Manfaat Konsumsi Air Putih di Pagi Hari

Manfaat minum air putih di pagi hari. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Panuwat Dangsungnoen)

Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, akan lebih baik jika membiasakan diri minum air putih setelah bangun tidur. Sebab, terdapat banyak manfaat minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari.

Salah satu manfaat minum air putih saat bangun tidur adalah mencegah dehidrasi. Mengingat, selama tertidur tubuh tidak memperoleh cairan sama sekali. Tidak hanya sebatas itu, rutinitas ini ternyata masih memiliki berbagai manfaat baik lainnya. Apa saja?

1. Kembali menghidrasi tubuh setelah tidur

Selama kita dalam kondisi tidur, tidak mungkin untuk bisa mengonsumsi air. Hal ini menyebabkan tubuh bisa secara alami masuk ke dalam kondisi dehidrasi saat bangun di pagi hari.

"Minum air saat bangun tidur mengisi ulang asupan air yang hilang saat tidur di malam hari," jelas dr William W Li, dokter sekaligus penulis Eat to Beat Disease: The New Science of How Your Body Can Heal Itself.

Terlebih, jika seseorang memiliki kebiasaan tidur dengan mulut terbuka atau di ruangan yang hangat.

2. Meningkatkan energi

Menurut pendiri dan direktur medis Case Integrative Health, dr Casey Kelley, M D, ABoIM, banyak orang yang merasa bahwa meminum segelas air dingin di pagi hari bisa membantu mereka untuk menghilangkan rasa kantuk. Dehidrasi bisa membuat tubuh terasa lelah dan pusing.

Kembali mengisi tubuh dengan segelas air di pagi hari bisa membantu tubuh kembali masuk ke dalam proses hidrasi ulang, memastikan bahwa jaringan dan organ tubuh mendapat asupan air yang mereka butuhkan sesegera mungkin.

3. Meningkatkan kesehatan mental

Selain menambah energi untuk memulai hari, mengonsumsi air putih di pagi hari juga bisa membantu mengoptimalkan kondisi mental dan produktivitas sepanjang hari.

Menurut dr Kelley, dehidrasi juga memiliki kaitan yang cukup erat terhadap kinerja otak dan sakit kepala.

"Bahkan dehidrasi ringan sekalipun memiliki kaitan terhadap lupa ingatan jangka pendek dan konsentrasi," sambung dr Kelley.

4. Menstimulasi metabolisme

Air putih juga bisa membantu meningkatkan kinerja metabolisme tubuh. Dr William menjelaskan, air putih, terutama air dingin, bisa membantu memicu tubuh untuk 'mengaktifkan' mekanisme yang disebut sebagai cold-activated thermogenesis.

"Ini berarti tubuh Anda menghangatkan air dengan mengaktifkan metabolisme Anda, sebanyak 30 persen, selama sekitar satu jam," katanya.

5. Memperbaiki pencernaan

Lebih lanjut, dr Kelley juga menjelaskan peranan penting yang dipegang oleh air putih terhadap sistem pencernaan tubuh. Menjaga tubuh tetap terhidrasi bisa membantu mengatasi gejala-gejala akibat konstipasi.

"Air hangat pada dasarnya memiliki potensi untuk memecah makanan yang telah dimakan dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan air dingin," jelasnya.

6. Menghindari kondisi overeat atau makan terlalu banyak

Banyak orang yang sering melewatkan makan pagi karena keterbatasan waktu. Mengonsumsi air putih dalam kondisi perut kosong di pagi hari bisa membantu. Berdasarkan sebuah studi pada 2018, mengonsumsi air di pagi hari bisa membantu mengatasi rasa lapar.

"Sangat umum untuk salah mengira rasa haus dengan rasa lapar. Jadi, menjaga tubuh tetap terhidrasi bisa mengurangi keinginan untuk mengonsumsi camilan dan overeat atau makan terlalu banyak ketika tubuh sebenarnya tidak terlalu lapar," ungkap dr Kelley.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jangan Terlewat, Ini Lho 6 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari"