Hagia Sophia

18 June 2023

Bukan Tulang, Ini Organ Paling Berat di Tubuh Manusia

Ilustrasi organ manusia (Foto: Getty Images/iStockphoto/mi-viri)

Sebagian orang menganggap bahwa tulang merupakan organ paling berat dalam tubuh manusia. Namun rupanya, anggapan ini keliru.

Dikutip dari Live Science, organ adalah sekelompok jaringan yang bekerjasama untuk melakukan tugas tertentu dalam tubuh, seperti mencerna nutrisi atau memproduksi pembawa pesan kimia yang memungkinkan sel-sel otak berkomunikasi. Meskipun para ilmuwan memiliki pandangan berbeda tentang bagian tubuh mana saja yang dianggap sebagai organ, tetapi jumlah organ yang paling banyak disebutkan dalam tubuh manusia adalah 78.

Ini termasuk unit fungsional utama seperti otak dan jantung, serta bagian tubuh yang jauh lebih kecil, seperti lidah.

Organ Paling Berat

Organ tubuh memiliki berbagai bentuk dan ukuran yang mencerminkan peran dan fungsi penting bagi tubuh. Berikut adalah 5 organ yang paling berat dalam tubuh manusia:

1. Kulit
Tak disangka, ternyata kulit merupakan organ terberat dalam tubuh manusia. Namun, ada beberapa perbedaan mengenai berat kulit yang sebenarnya.

Beberapa sumber menyatakan bahwa orang dewasa membawa rata-rata 8 pon (3,6 kilogram) kulit. Sementara sumber lain mengatakan bahwa kulit membentuk sekitar 16 persen dari total berat badan orang dewasa, yang menunjukkan bahwa berat badan orang dewasa 170 pon (77 kg). kulit akan memiliki berat sekitar 27 pon (12,3 kg).

Lantas, mengapa ada perbedaan pendapat?

Menurut laporan tahun 1949 di Journal of Investigative Dermatology, perkiraan yang lebih besar menghitung panniculus adiposus (lapisan jaringan lemak yang terletak di antara lapisan atas kulit dan otot di bawahnya). Lapisan jaringan tersebut dianggap sebagai bagian dari kulit, sedangkan estimasi yang lebih kecil menghitung lapisan jaringan ini secara terpisah.

Sementara itu, penulis laporan tersebut menentang untuk memasukkan panniculus adiposus dan itu menyimpulkan bahwa kulit hanya membentuk sekitar 6 persen dari berat badan orang dewasa. Di sisi lain, literatur dari Primary Care Notebook, menyatakan bahwa jaringan lemak adalah bagian dari lapisan kulit ketiga dan terdalam, hipodermis, dan menyarankannya untuk dihitung.

2. Hati atau Liver
American Liver Foundation menyebut hati merupakan organ terberat dalam tubuh manusia. Rata-rata hati memiliki berat sekitar 3-3,5 pon (1,4 hingga 1,6 kg).

Hati adalah organ berbentuk kerucut yang berada di atas perut dan di bawah diafragma, otot berbentuk kubah yang terletak di bawah paru-paru. Fungsi utamanya yaitu membantu memecah racun dan mencerna makanan.

Pada saat tertentu, hati menampung sekitar satu pint (500 ml) darah atau sekitar 13 persen dari suplai darah tubuh orang dewasa, menurut Johns Hopkins Medicine.

3. Femur
Salah satu sistem organ terbesar dalam tubuh manusia, kerangka dapat memiliki berat hingga sekitar 15 persen dari total berat badan orang dewasa, menurut tinjauan tahun 2019 yang diterbitkan dalam International Journal of Biological Sciences.

Kerangka dewasa biasanya mengandung 206 tulang, meskipun beberapa individu mungkin memiliki tulang rusuk atau tulang belakang tambahan. Tulang paha atau femur, adalah yang terberat dari semuanya, menurut sumber medis StatPearls.

Rata-rata, tulang paha memiliki berat sekitar 14 ons (380 gram). Menurut jurnal Acta Anatomica, berat pasti tulang paha setiap orang bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan status kesehatan seseorang.

4. Otak
Otak melakukan sejumlah fungsi penting dalam tubuh manusia, mulai dari berpikir hingga koordinasi gerak tubuh. Dalam jurnal PNAS, otak menyumbang sekitar 2 persen dari rata-rata berat badan manusia dewasa.

Massa otak juga bergantung pada usia dan jenis kelamin seseorang. Pada usia 20 tahun, rata-rata otak pria memiliki berat 3 pon (1,4 kg). Pada usia 65 tahun, beratnya turun menjadi 2,86 pon (1,3 kg).

Di sisi lain, otak perempuan cenderung berbobot sekitar 10 persen lebih ringan daripada laki-laki, menurut penelitian yang diterbitkan Academic Press tahun 2002. Namun, ketika berat badan keseluruhan diperhitungkan, otak pria cenderung hanya 0,2 pon (100 gram) lebih berat.

5. Paru-paru
Paru-paru adalah salah satu organ terberat dalam tubuh manusia. Paru-paru kanan biasanya memiliki berat sekitar 1,4 pon (0,6 kg), sementara paru-paru kiri sedikit lebih kecil dan beratnya sekitar 1,25 pon (0,56 kg).

Menurut penelitian Gray's Anatomy of the Human Body, laki-laki dewasa cenderung memiliki paru-paru yang lebih berat daripada perempuan dewasa.

Menariknya, berat paru-paru hanya 1,4 ons (40 gram) saat lahir. Organ ini hanya berkembang sempurna ketika alveoli pernapasan (cabang kecil saluran udara di paru-paru) terbentuk sempurna.

Menurut buku Pediatric Critical Care, paru-paru mulai berkembang pada usia 2 tahun. Saat itu, paru-paru memiliki berat sekitar 6 ons (170 gram).
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Organ Paling Berat di Tubuh Manusia"