Hagia Sophia

23 July 2023

Kapankah Usia yang Tepat Anak Boleh Diajak Nonton?

Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/pidjoe

Viral cuitan di Twitter perihal orang tua yang berani meninggalkan anaknya sendirian di rumah demi bisa menonton film horor di bioskop. Hal ini bermula dari cuitan lainnya yang menyinggung perihal anak kecil tak seharusnya dibawa menonton film seram di bioskop.

Namun terlepas dari jenis film yang ditonton serta bagaimana tangisan anak mungkin mengganggu penonton lain di bioskop, dokter spesialis anak dr Miza Afrizal, SpA justru menyoroti usia minimum anak untuk aman dibawa menonton film di bioskop. Pasalnya secara teori, telinga anak baru bisa aman dari intensitas suara film bioskop jika anak sudah berusia tujuh tahun ke atas.

"Pertanyaan saya adalah kenapa anak harus nonton bioskop? Sebenarnya itu adalah pertanyaan pertamanya. Kenapa dia harus nonton bioskop? Karena dia suka sama film? Nggak kayaknya," ungkap dr Miza saat ditemui detikcom di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (21/7/2023).

"Karena kan itu (suara film di bioskop) desibelnya tinggi. Desibelnya bioskop itu kalau menurut teori aman untuk anak berusia 7 tahun ke atas. Kita ngomongin suaranya, itu aman buat anak berusia 7 tahun ke atas. Jadi anak berusia 7 tahun ke bawah saya rasa seharusnya nggak usah (dibawa menonton film bioskop)," pungkasnya.

Sedangkan perihal orang tua yang berani meninggalkan anaknya sendirian di rumah demi bisa menonton film di bioskop, dr Miza mengingatkan para orang tua untuk melakukan observasi ketat lebih dulu perihal waktu tidur anak. Meski tak dianjurkan, setidaknya dengan cara ini orang tua bisa memahami pada kondisi seperti apa anak bisa ditinggal di rumah.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terbukti Lewat Riset! 4 Kebiasaan Ini Bisa Perpendek Umur, Awas Mati Muda"