Hagia Sophia

23 July 2023

Ini Daftar Negara Terbersih di Dunia

Ilustrasi. (Foto: Rengga Sencaya)

Peneliti dari Yale University dan Columbia University merilis peringkat daftar negara terbersih di dunia. Peringkat ini ditentukan berdasarkan beberapa Indeks Kerja Lingkungan (EPI) 2022.

EPI memberikan dasar kuantitatif untuk membandingkan, menganalisis, dan memahami kinerja lingkungan untuk 180 negara di dunia. Penilaian dilakukan dengan memberi peringkat berdasar kinerja lingkungan menggunakan data tahun terakhir.

Berikut ini adalah daftar 10 negara terbersih di dunia yang sebagian besar berada di Eropa:

1. Denmark
Denmark menjadi negara paling bersih di dunia. Denmark mendapatkan EPI score sebanyak 77,9. Denmark memiliki infrastruktur pengolahan limbah yang sempurna.

2. Britania Raya
Pada peringkat kedua ada Britania Raya yang memiliki EPI Score sebanyak 77,7. Selama 10 tahun terakhir EPI Score Britania Raya meningkat sebanyak 23 poin.

3. Finlandia
Finlandia menempati negara ketiga terbersih di dunia dengan EPI Score 76,5. Terjadi peningkatan EPI Score sebanyak 21 poin selama 10 tahun terakhir di Finlandia hingga membuatnya menjadi salah satu negara terbersih di dunia.

4. Malta
Malta merupakan negara terbersih keempat di dunia dengan EPI Score 75,2. Walau pengolahan air limbah Malta bukan yang terbaik, namun strategi pengolahan limbah padat dan indeks kualitas udaranya menjadikannya sebagai salah satu negara terbersih.

5. Swedia
Swedia menempati peringkat lima negara terbersih di dunia dengan EPI Score 72,7. Negara ini memiliki skor 100 persen untuk manajemen air limbah. Komitmen negara ini terkait sistem pembuangan dan daur ulang juga begitu besar dan efisien.

6. Luxemburg
Pada peringkat enam ada Luxemburg dengan EPI Score 72,3. Negara ini memiliki skor tinggi dalam hal air minum, sanitasi, dan emisi polusi. Alamnya yang masih asri menjadi salah satu faktor kebersihan negara ini.

7. Slovenia
Pada peringkat tujuh negara terbersih di dunia ada Slovenia. Slovenia memiliki EPI Score 67,3.

8. Austria
Austria menempati peringkat kedelapan sebagai negara terbersih di dunia dengan EPI Score 66,5. Negara ini sudah menjadi salah satu negara terbersih selama bertahun tahun. Austria memiliki kualitas udara dan infrastruktur pembuangan yang baik.

9. Swiss
Pada peringkat sembilan ada Swiss dengan EPI Score 65,9. Swiss berdiri sebagai salah satu negara terbersih di dunia karena metrik kualitas udara dan airnya yang luar biasa.

10. Islandia
Islandia berada di peringkat 10 negara terbersih di dunia dengan EPI Score 62,8. Negara ini menjadi salah satu negara negara dengan polusi terendah di dunia.

Lantas berada di peringkat berapa Indonesia? Berdasarkan data EPI 2022, Indonesia menempati peringkat 164 dengan EPI Score 28,2 tepat berada di bawah negara Nigeria.

Sedangkan negara tetangga seperti Malaysia berada di peringkat 130 dan Singapura berada di peringkat 44 dari 180 negara.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Daftar 10 Negara Terbersih di Dunia, Ada Indonesia Nggak Ya?"