Hagia Sophia

23 July 2023

Beberapa Kebiasaan Ini Bisa Perpendek Umur

Sederet kebiasaan yang memperpendek umur. (Foto: Shutterstock)

Menjauhi rokok dan mengurangi konsumsi gula jadi salah satu cara untuk menghindari kematian dini. Kebiasaan sehat dengan mengatur gaya hidup menjadi bagian dari kunci umur panjang sehat yang diidamkan banyak orang.

Namun ada beberapa kebiasaan sehari-hari dan sering dilakukan yang memicu seseorang bisa mati muda. Duh!

Berikut sederet kebiasaan yang bisa memperpendek umur dikutip dari Health Digest:

1. Terlalu banyak duduk

Dalam penelitian yang diterbitkan di British Medical Journal, ilmuwan menemukan duduk terlalu lama atau lebih dari tiga jam sehari bisa memperpendek usia hingga dua tahun. Penelitian tersebut menjelaskan kebiasaan duduk terlalu lama berkaitan dengan sedentary lifestyle yang memicu kanker, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Penelitian tersebut juga menyebut mengurangi waktu duduk setiap hari menjadi kurang dari 3 jam bisa memperpanjang hidup hingga dua tahun. Menonton tv kurang dari 2 jam sehari juga bisa menambah usia sampai 1,4 tahun.

2. Melewatkan sarapan

Orang yang melewatkan sarapan biasanya akan makan lebih banyak kalori di siang hari dan membuat mereka lebih mudah mengalami obesitas. Menurut American Heart Association, orang yang sarapan pagi lebih sehat secara keseluruhan.

Mereka memiliki kolesterol yang lebih baik, kesehatan kardiovaskular yang lebih baik, dan tekanan darah yang lebih rendah daripada orang-orang yang biasa melewatkan sarapan.

Satu penelitian kecil bahkan menemukan bahwa orang yang melewatkan sarapan memiliki tingkat kematian yang meningkat sebesar 50 persen dibandingkan dengan mereka yang rutin sarapan.

3. Terlalu banyak main HP

Menurut sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Physical Therapy Science, postur yang dilakukan sebagian besar orang saat mengirim SMS, bermain game, atau melakukan apa pun yang dilakukan di ponsel tampaknya menyebabkan gangguan fungsi paru-paru. Itu bukan satu-satunya masalah yang bisa ditimbulkan oleh bungkuk.

Tinjauan studi dan meta-analisis yang dipublikasikan di BMC Psychiatry menghubungkan penggunaan ponsel cerdas pada mahasiswa dengan tingkat depresi dan kecemasan yang lebih tinggi, serta menemukan korelasi antara ponsel cerdas dan kualitas tidur yang berkurang.

4. Anti-sosial

Para ahli mengungkap bahwa kurang bersosialisasi dan cenderung lebih sering mengasingkan diri memiliki dampak yang sama berbahayanya dengan kebiasaan merokok atau minum alkohol terhadap kesehatan. Kurang bersosialisasi dikatakan dapat meningkatkan kecenderungan orang berusia pendek hingga 50 persen.

Tidak hanya itu, kurangnya paparan sinar matahari juga dapat mengganggu siklus tidur, yang membuat seseorang semakin berisiko mengalami kematian dini.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terbukti Lewat Riset! 4 Kebiasaan Ini Bisa Perpendek Umur, Awas Mati Muda"