Hagia Sophia

25 August 2023

Cara Menkes Atasi Bila Pandemi Muncul Lagi

Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Agung Pambudhy)

Pandemi COVID-19 yang menghantam dunia sejak 2020 menghancurkan begitu banyak sistem kesehatan dunia, termasuk Indonesia. Pandemi yang terjadi secara global juga melemahkan ekonomi dunia.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan pandemic fund bisa menjadi salah satu siasat yang bisa dilakukan banyak negara jika pandemi terjadi lagi. siklus pandemi yang diprediksi berlangsung panjang membutuhkan konsolidasi pendanaan yang terstruktur bagi negara ASEAN.

"Kita harus belajar dari pandemi yang lalu. Pandemi memberikan dampak yang sangat besar dalam kehidupan masyarakat terhadap kesehatan masyarakat, juga perekonomian negara," kata Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers ASEAN Finance-Health Ministers Meeting (AFHMM) di Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Sejauh ini sejumlah negara ASEAN telah mengumpulkan dana untuk menangani pandemi COVID-19. Total dana yang terkumpul mencapai USD 17,7 juta.

"Yang kemarin sudah ada untuk COVID-19, yakni ASEAN Fund for COVID-19. Total dananya sekitar 17,7 juta Dolar AS dan sudah dipakai sebagian untuk COVID-19," beber Menkes.

Pada pertemuan yang melibatkan menteri kesehatan dan menteri keuangan negara-negara kawasan ASEAN itu, Indonesia mengusulkan agar dana eksisting tersebut diperluas pemanfaatannya bukan hanya untuk COVID-19, tetapi bisa untuk menghadapi pandemi di masa depan.

Dana penanggulangan COVID-19 saat ini juga tersedia di setiap negara anggota ASEAN. Inisiatif Pandemic Fund merupakan respons negara ASEAN untuk mengintegrasikan pencegahan dan respons pandemi di masing-masing negara maupun secara global.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Begini Siasat Menkes atasi Krisis Jika Pandemi Datang Lagi"