Hagia Sophia

25 August 2023

Tips untuk Atasi Perut Kram dan Penyebabnya

Ilustrasi perut kram. Foto: Getty Images/iStockphoto/torwai

Perut kram adalah salah satu indikasi terjadinya masalah pencernaan atau gangguan lain yang berdampak pada kondisi perut. Secara umum gangguan ini bukan hal asing dan dirasakan banyak orang dari segala usia.

Meski begitu, perut kram yang tidak segera diatasi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi kondisi akibat kontraksi otot perut ini, berikut 8 cara yang bisa dilakukan dan penyebabnya.

Penyebab Perut Kram

Dilansir dari laman resmi National Health Service, berikut beberapa penyebab perut kram:

Masuk Angin
Masuk angin biasanya terjadi karena gas yang terperangkap. Biasanya, orang yang mengalami ini merasakan gejala seperti kembung dan juga sering mengeluarkan gas.

Gangguan Pencernaan
Orang yang mengalami gangguan pencernaan biasanya juga merasakan perut kembung setelah makan, maag, dan juga tidak enak badan.

Sembelit
Sembelit biasanya disertai dengan tidak bisa buang air besar.

Keracunan Makanan
Umumnya, keracunan makanan disertai dengan gejala seperti feses cair, merasa tidak enak badan, dan muntah.

Beberapa orang juga merasakan perut kram saat menstruasi.

Cara Mengatasi Perut Kram

Dirangkum dari Medical News Today dan WebMD, berikut beberapa cara mengatasi perut kram di rumah:

1. Minum Air Mineral yang Cukup
Tubuh kita membutuhkan air untuk menyerap nutrisi dari makanan dan minuman yang telah kita konsumsi. Dehidrasi dapat meningkatkan kemungkinan untuk sakit perut. Oleh karena itu, mengonsumsi air mineral yang cukup akan membantu kita untuk mengatasi perut kram.

2. Menghindari Rokok dan Alkohol
Merokok dan mengonsumsi alkohol dapat memicu gangguan pencernaan dan kondisi gastrointestinal lainnya, seperti GERD. Berhenti merokok dan mengurangi asupan alkohol juga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mengurangi risiko kondisi kesehatan tertentu, seperti kanker.

3. Menghindari Makanan yang Sulit Dicerna
Terdapat beberapa makanan yang susah untuk dicerna. Beberapa makanan itu seperti makanan asam, makanan berlemak, produk gandum, buah dan jus, makanan berminyak dan juga makanan pedas.

4. Mengonsumsi Jahe
Apabila Anda mengalami gejala mual dan muntah, jahe dapat menjadi solusi untuk Anda. Jahe dapat membantu untuk mengurangi mual dan juga muntah.

5. Mengonsumsi Basil
Basil memiliki kandungan zat yang dapat mengurangi gas. Basil memiliki kadar asam linoleat tinggi yang memiliki sifat anti inflamasi.

6. Menghindari Stress
Stress juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya perut kram. Oleh karena itu penting untuk kita menghindari stress. Anda dapat melakukan meditasi, yoga, dan juga berolahraga.

7. Mengonsumsi Teh Chamomile
Teh Chamomile dapat membantu kita untuk mengurangi permasalahan perut yang terjadi karena penumpukan gas.

8. Kompres Perut
Menggunakan kompres perut merupakan cara yang mudah untuk mengurangi kram. Anda dapat mengompres perut anda dengan air hangat. Caranya, basahi kain dengan air hangat. Lalu, letakkan kain pada area perut yang terasa kram.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Cara Mengatasi Perut Kram dan Penyebabnya"