Hagia Sophia

25 August 2023

Tips Atasi Hidung Mampet Sebelah, Bisa Pakai Humidifier

Ilustrasi hidung mampet sebelah. Foto: Getty Images/iStockphoto/yavdat

Apakah detikers pernah mengalami hidung mampet sebelah? Kondisi ini dapat membuat kita merasa tidak nyaman. Biasanya, diperlukan beberapa hari agar hidung tersumbat membaik.

Mari kita simak penyebab dan cara mengatasi hidung mampet sebelah di bawah ini!

Penyebab Hidung Mampet Sebelah

Dilansir dari laman Mount Sinai, berikut beberapa penyebab hidung mampet:
  • Flu Biasa
  • Flu
  • Infeksi Sinus
  • Demam atau alergi
  • Penggunaan obat tetes atau obat semprot hidung yang dibeli tanpa resep dokter
  • Polip hidung
  • Kehamilan
  • Rhinitis vasomotor.

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah

Dilansir dari laman Healthline, berikut beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat:

Menggunakan Humidifier
Jika kamu memiliki asma, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya. Humidifier dapat menambahkan kelembaban udara yang dapat membantu mengeluarkan lendir.

Selain itu, humidifier juga bisa membantu mengatasi iritasi yang disebabkan oleh udara kering. Contohnya, sakit tenggorokan, kulit kering, dan juga bibir pecah-pecah.

Menopang Kepala dengan Bantal
Menopang kepala dengan bantal dapat membantu melegakan hidung tersumbat. Posisi kepala yang lebih tinggi diharapkan dapat membantu mendorong lendir keluar dari saluran hidung.

Semprotan Garam
Semprotan garam aman untuk berbagai usia. Anda dapat membeli semprotan garam di apotek. Namun, untuk bayi disarankan untuk menggunakan aspirator. Penggunaan aspirator dapat menghilangkan lendir dari hidung bayi.

Gunakan Neti Pot
Neti pot dirancang untuk membantu membersihkan lendir dari hidung. Cairan untuk mencuci hidung sebaiknya tidak menggunakan air keran. Anda dapat menggunakan cairan saline dari NaCl yang Anda beli di apotek.

Penjelasan singkat mengenai cara mengatasi hidung mampet sebelah dan penyebabnya ini semoga bermanfaat untuk detikers. Jika, hidung tersumbat tidak segera sembuh, segera konsultasi dengan dokter.

Apalagi jika hidung tersumbat berlangsung lama yang bisa menandakan terjadinya infeksi. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk detikers.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah, Bisa Coba Humidifier agar Napas Lancar"