Hagia Sophia

25 August 2023

Ada Semut dalam Telinga? Ini Tips untuk Keluarkannya

Ilustrasi cara mengeluarkan semut atau benda lain di telinga. Foto: Getty Images/Prostock-Studio.

Semut dan benda asing yang masuk ke dalam telinga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, sakit, infeksi, bahkan kehilangan pendengaran. Benda asing ini harus dikeluarkan agar telinga tidak terluka.

Lantas, bagaimana cara mengeluarkan semut atau benda asing di telinga? Yuk simak penjelasannya!

Bagaimana Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga?

Dilansir dari laman Mayo Clinic, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan:

1. Hindari Penggunaan Korek Kuping
Menggunakan korek kuping atau bahkan korek api untuk mengambil semut, hanya akan mendorong semut atau benda asing lebih dalam. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan.

2. Gunakan Pinset
Gunakan pinset apabila benda mudah untuk dilihat dan digenggam. Anda perlu berhati-hati ketika mengambilnya agar tidak menimbulkan cedera pada telinga.

3. Gunakan Air
Anda dapat mencuci saluran telinga dengan menggunakan alat suntik berbahan karet dan air hangat untuk mengeluarkan benda asing tersebut. Namun, jangan gunakan air untuk mengeluarkan makanan, bahan tanaman, atau baterai.

4. Gunakan Minyak atau Alkohol
Apabila, objeknya adalah serangga, gunakan minyak atau alkohol. Caranya, memiringkan kepala sehingga telinga menghadap atas. Tuangkan alkohol atau minyak hangat ke dalam telinga.

Sebelum dituang, pastikan agar tidak terlalu panas. Minyak yang digunakan dapat berupa minyak zaitun atau baby oil. Pastikan semut atau serangga mengapung keluar. Jangan gunakan cairan, jika terdapat lubang di gendang telinga atau ada selang terpasang di area tersebut.

Beberapa cara mengeluarkan semut atau benda asing lainnya dari telinga ini semoga bisa membantu detikers. Jika kondisi tidak kunjung membaik, benda asing tidak keluar, nyeri dan ada cairan, kesulitan mendengar, atau merasa ada yang tersangkut, segera temui dokter.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga, Jangan Pakai Korek Kuping"