Hagia Sophia

25 August 2023

Jepang Buang Air Reaktor Nuklir Fukushima ke Samudara Pasifik

Warga Korsel yang protes akan rencana Jepang membuang limbah nuklir Fukushima ke laut. Foto: AP/Lee Jin-man

Jepang sudah melepaskan air dari reaktor nuklir Fukushima ke Samudra Pasifik. Dari video yang dirilis Tokyo Electric Power Company (TEPCO), terlihat dua orang engineer bermain dengan mouse dan mengatakan secara resmi bahwa 'katup dekat pompa pengangkut air laut sedang terbuka'.

Meski banyak menarik perhatian dan kekhawatiran, Jepang menegaskan bahwa air 1,3 juta ton yang disimpan di lebih dari 1.000 tangki ini sudah diolah dengan baik. Karena itu, mereka meyakinkan publik air tersebut tidak akan memuat bahaya.

Sementara itu, China menyatakan Jepang sudah bersikap egois, mementingkan pihaknya sendiri. China pun melarang impor makanan laut dari Jepang dengan alasan menghindari ancaman keamanan makan dari kontaminasi radioaktif. Tentu saja, Jepang langsung meminta China untuk melepas larangan itu.

Tak cuma China, negara lain seperti Korea Utara turut mengkritik perilisan air dari reaktor nuklir Fukushima yang hancur karena tsunami di tahun 2011. Korut mendesak Jepang untuk membatalkan pelepasan air tersebut, sebagaimana dikutip dari Science Alert.

Di internal Jepang, sebagian masyarakatnya ternyata juga tidak mendukung keputusan pemerintah, terutama mereka yang berprofesi sebagai nelayan. Sekitar 10 orang menggelar protes di dekat Fukushima dan 100 orang berkumpul kantor pusar TEPCO di Tokyo.

"Ini seperti membuang bom atom ke laut. Jepang adalah negara pertama yang diserang bom atom di dunia, dan keputusan ini dibuat oleh perdana menteri negara tersebut," kata Kenichi Sato (68).

Sebelumnya, Jepang mengatakan bahwa semua unsur radioaktif telah disaring kecuali tritium, yang kadarnya tidak berbahaya dan relatif rendah. Klaim Jepang juga mendapatkan dukungan dari sejumlah ilmuwan yang mengatakan air dari tragedi Fukushima sudah bisa dinyatakan aman.



























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Resmi, Air Reaktor Nuklir Fukushima Dibuang ke Samudra Pasifik"