Hagia Sophia

03 August 2023

Tips Hilangkan Kurap dengan Cepat Serta Perawatannya

Foto: Getty Images/iStockphoto/helivideo

Kurap dalam bahasa Inggris disebut ringworm. Dikutip dari laman RSUD dr Soeselo Kabupaten Tegal, kurap dalam bahasa medis disebut tinea. Kurap disebabkan infeksi jamur kulit yang bisa terjadi di berbagai area tubuh.

Pada badan, kurap disebut tinea corporis, kurap pada kulit kepala disebut tinea capitis. Kurap pada selangkangan disebut tinea cruris, sedangkan di kaki disebut tinea pedis. Gejala umumnya adalah ruam kemerahan dengan bagian tepi seperti cincin, bersisik, gatal, melepuh.

Dalam artikel ini akan kita ulas cara menghilangkan kurap dengan cepat. Tak hanya cara menggunakan obat, tetapi kamu juga harus tahu perawatannya agar kurap bisa hilang secara tuntas.

Cara Menghilangkan Kurap dengan Cepat

Dikutip dari situs Cleveland Clinic, cara menghilangkan kurap dengan cepat adalah menggunakan krim dan obat antijamur. Krim dan obat antijamur dapat menghentikan penyebaran kurap atau menghindari infeksi sejak awal.

Krim antijamur yang dijual bebas (OTC) antara lain dengan kandungan topikal tolnaftate atau klotrimazol. Gunakan dua kali sehari untuk menghilangkan kurap dengan cepat. Tetap gunakan krim tiap pagi dan malam selama sebulan agar jamur sepenuhnya hilang.

Perawatan untuk Mencegah Kurap Menyebar

Tak hanya sekadar mengoleskan krim antijamur, butuh perawatan yang benar untuk mencegah kurap menyebar.

Berikut ini cara mencegah infeksi jamur kurap terus menyebar ke bagian tubuh lain, seperti dilansir dari situs American Academy of Dermatology Association:

1. Cuci Tangan
Selalu cuci tangan sebelum dan setelah menyentuh kulit yang terinfeksi. Ini mencegah jamur menyebar ke daerah lain.

2. Gunakan hingga Benar-benar Sembuh
Gunakan krim pada area yang terinfeksi selama waktu yang direkomendasikan. Sebab ketika kurap terlihat hilang, belum tentu benar-benar hilang dan bisa kembali lagi. Baca petunjuk penggunaan atau tanyakan ke dokter.

3. Obati dalam Satu Waktu
Jika kamu menderita kurap di beberapa bagian tubuh, obati semuanya pada waktu yang sama.

4. Tubuh Harus Bersih dan Kering
Jaga area yang terinfeksi agar tetap bersih dan kering. Jamur akan tumbuh subur di daerah yang hangat dan lembab.

5. Ganti Pakaian
Rajinlah mengganti pakaian, termasuk pakaian dalam dan kaus kaki, setiap hari. Cucilah pakaian dengan sabun agar jamur mati.

6. Mandi
Mandi secara rutin, terlebih setelah berolahraga. Jangan biarkan jamur tumbuh subur di tubuh yang lembab.

7. Jangan Berbagi Handuk
Jangan berbagi handuk dan barang pribadi lainnya karena jamur bisa dengan mudah menular.

8. Gunakan Sandal Jepit
Agar tidak menular, pakai sandal jepit mandi atau sepatu tahan air. Ganti sandal di kamar mandi yang digunakan orang lain dan area kolam renang.

9. Bersihkan Barang yang Terinfeksi
Lakukan desinfeksi atau buang barang-barang yang terkena kulit kamu yang terinfeksi jamur.

10. Cek Hewan Peliharaan
Jika kamu punya hewan peliharaan, cek apakah hewan itu menderita kurap. Mungkin saja kamu tertular jamur dari hewan peliharaan. Maka untuk mengatasinya, bawalah dia ke dokter hewan.

11. Periksa ke Dokter
Jika pengobatan dan perawatan di atas belum membuat kurap kamu sembuh, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan saran pengobatan yang tepat.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cara Menghilangkan Kurap dengan Cepat dan Perawatannya"