Hagia Sophia

03 August 2023

Beberapa Manfaat Rebusan Dedaunan untuk Kesehatan, Termasuk Turunkan Kolesterol

Daun kelor. (Foto: Sudedi Rasmadi)

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit berbahaya. Misalnya seperti penyakit stroke ataupun penyakit jantung.

Tingginya kadar kolesterol umumnya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Khususnya terlalu banyak mengonsumsi makanan-makanan yang berlemak.

Selain dengan pola makan yang sehat dan rajin berolahraga, kolesterol yang tinggi sebenarnya juga bisa diatasi dengan air rebusan dari daun-daun tertentu. Berikut ini adalah beberapa jenis daun yang dapat menurunkan kolesterol.

Daun Kelor
Daun kelor merupakan salah satu tanaman yang hidup subur di Indonesia. Selain dikenal sebagai daun yang kaya akan nutrisi, jenis daun ini juga berguna untuk mengatasi kolesterol tinggi.

Dalam beberapa jurnal yang sudah diterbitkan, penelitian melalui hewan dan manusia menunjukkan daun dengan nama latin Moringa oleifera memiliki efek menurunkan kolesterol. Dengan begitu, risiko penyakit jantung pun bisa ditekan.

Daun Kersen
Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan International Journal of Pharmacy tahun 2017, daun kersen memiliki berbagai kandungan yang baik untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Adapun kandungan tersebut antara lain adalah antioksidan seperti glikosida, flavonoid, steroid/triterpenoid, dan tanin.

Selain itu, uji coba yang dilakukan pada partisipan hanya menimbulkan efek samping yang relatif ringan. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut, meliputi uji toksisitas dan pengembangan produk, termasuk pemeriksaan klinis.

Daun Tulsi
Daun basil suci atau tulsi merupakan rempah yang sedikit pedas dan pahit kerap dijadikan sebagai bumbu dari masakan.Studi pada 2018 dilakukan dengan melihat bagaimana efek daun tulsi pada orang dewasa 40 tahun ke atas dengan gangguan metabolisme.

Ternyata dosis daun tulsi menyebabkan kadar kolesterol total dan LDL turun. Untuk mendapatkan efeknya, perlu setidaknya mengonsumsi 1 gram per hari.

Daun Salam
Daun yang memiliki nama latin Syzygium polyanthum ini juga memiliki manfaat yang besar pada penurunan kolesterol. Studi yang dilakukan pada tahun 2019 menunjukkan bahwa ekstrak etanolik daun salam memiliki aktivitas potensial untuk penurunan kadar kolesterol.

Aktivitas tersebut disebabkan oleh senyawa fenolik dalam ekstrak serta aktivitas antioksidan dari ekstrak itu sendiri.

Daun Jambu Biji
Jambu biji merupakan buah yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan potasium, serat, hingga antioksidan pada jambu biji dipercaya sangat baik untuk jantung.

Tidak hanya buahnya, daun jambu biji juga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan penurunan kolesterol jahat dalam tubuh. Mengonsumsi air rebusan atau ekstrak daun jambu biji dapat memberikan manfaat besar untuk terhindar dari risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih besar.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Air Rebusan Daun yang Bisa Turunkan Kadar Kolesterol, Mudah Ditemukan!"