Hagia Sophia

03 August 2023

Beberapa Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Sebelum dan Sesudah Facial

Ilustrasi hal-hal yang tidak boleh dilakukan sebelum dan sesudah facial. Foto: iStock

Tak hanya perawatan dari dalam mencakup istirahat cukup dan asupan makanan sehat, perawatan wajah berupa 'facial treatment' juga boleh dicoba demi mendapatkan kulit sehat. Namun sudah tahukah, bahwa ada hal-hal yang tak boleh dilakukan sebelum dan sesudah treatment agar hasil treatment tak sia-sia?

Seorang praktisi kecantikan, Candace Marino, telah menangani kliennya selama hampir dua dekade. Klien yang ditanganinya pun beragam, termasuk figur-figur publik seperti Kourtney Kardashian dan Miranda Kerr. Ia mengungkapkan, ada beberapa hal yang perlu diingat agar facial treatment bisa efektif. Seperti apa?

Dikutip dari Insider, berikut hal-hal yang tak boleh banget dilakukan sebelum atau sesudah treatment menurut Candace Marino:

Suntik botoks
Marino menjelaskan, suntikan jarum botoks setelah facial dapat membuat botoks atau filler mengendap. Maka itu, harus ada jeda waktu tertentu untuk menghindari efek samping botoks setelah seseorang menjalani facial.

"Anda harus menunggu dua minggu setelah injeksi kosmetik untuk melakukan facial guna mencegah perpindahan produk, yang dapat mengakibatkan hasil yang buruk," kata Marino dikutip dari Insider, Rabu (26/7/2023).

'Skip' eksfoliasi
Upaya pengelupasan kulit mati (eksfoliasi) memang tidak boleh terlewat sebelum seseorang menjalani facial agar hasilnya maksimal. Namun Marino mengingatkan, pastikan ada sela waktu beberapa hari agar pengelupasan tersebut tak malah terjadi berlebihan.

"Saya merekomendasikan menunda perawatan pengelupasan tiga hari sebelum perawatan," beber Marino.

"Ini akan memungkinkan facialist Anda untuk memberikan pengelupasan tingkat profesional yang baik pada kulit Anda dan membatasi risiko Anda untuk melakukannya secara berlebihan," imbuhnya.

Olahraga setelah facial? Siap-siap hasil treatment bakal terbuang sia-sia!
Beberapa orang mungkin terpikir untuk berolahraga setelah menjalani facial treatment sembari mengisi waktu kosong. Padahal menurut Marino, olahraga setelah facial justru akan membuat hasil perawatan 'terbuang' sia-sia.

"Saya merekomendasikan klien saya untuk berolahraga sebelum datang untuk perawatan sehingga kulit mereka dapat menyerap semua bahan luar biasa yang telah kami aplikasikan alih-alih membuat mereka berkeringat," jelas Marino.

Make up sebelum perawatan
"Ini semata-mata karena menghapus riasan akan memangkas waktu perawatan," kata Marino. "Ketika orang datang dengan wajah penuh, biasanya perlu beberapa kali pembersihan untuk menghilangkannya, yang menurut saya hanya membuang-buang waktu."

Pakai make up setelah perawatan
Marino mengaku selalu merasa ngeri ketika seorang klien ingin menggunakan make up setelah menjalani perawatan. Ia khawatir, penggunaan make up tersebut hanya akan menghambat efek perawatan.

"Saya menemukan facial paling berdampak ketika orang dapat membiarkan kulit mereka bebas riasan setidaknya selama 24 jam pasca perawatan," ujarnya.

"Saya suka melakukan facial di malam hari, menghindari kebutuhan akan SPF, jadi saya bisa langsung pulang dan membiarkan semua bahan yang bagus benar-benar bekerja," pungkas Marino.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dear Ladies, Catat 5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Sebelum dan Setelah Facial"