Hagia Sophia

03 August 2023

Heboh Imbauan Jangan Minum Es Teh Usai Makan Bakso, Ini Kata Pakar Gizi

Ilustrasi bakso. (Foto: detikFood/Pergikuliner)

Baru-baru ini viral imbauan untuk tidak meminum es teh setelah makan bakso. Seorang netizen mengaitkannya dengan kandungan tanin dalam teh yang dikhawatirkan menghambat proses penyerapan protein.

"Kalau makan bakso sama es teh, itu mengandung tanin, tanin itu menghambat proses penyerapan protein itu sendiri," beber wanita dalam video viral berdurasi 31 detik, seperti dilihat detikcom Rabu (2/8/2023).

Benar Nggak Sih?

Spesialis gizi klinik dr Putri Sakti, MGz,SpGK, AIFO-K, CBBF, membenarkan imbauan tersebut. Menurutnya, tanin merupakan salah satu zat antinutrisi yang bisa berkaitan dengan protein serta membentuk senyawa kompleks tidak larut.

"Senyawa komplek tersebut akan mengurangi daya cerna protein dan saat berikatan dengan enzim di saluran pencernaan, maka aktivitas enzim tersebut juga akan menurun," jelasnya saat dihubungi detikcom Rabu (2/8/2023).

Di sisi lain, senyawa kompleks ini bisa mengikat zat besi dan vitamin B. Imbasnya, penyerapan kedua kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh tersebut menjadi berkurang.

Meski begitu, dr Putri tidak langsung melarang setiap orang meminum teh. Sesekali diperbolehkan, asal masih dalam batas wajar.

"Tapi teh yang cair, jangan terlalu pekat," katanya.

"Iya lebih baik lagi kalau memilih minuman selain sumber tanin," pungkasnya.

Sejumlah minuman yang mengandung tanin biasanya meliputi teh hitam, teh hijau. Sementara opsi minuman yang 'bebas' tanin adalah air, susu, kopi, jus jeruk dan lain sebagainya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Jangan Minum Es Teh usai Makan Bakso, Dokter Gizi Beberkan Faktanya"