Hagia Sophia

03 August 2023

Beberapa Makanan Ini Mengandung Vitamin D Agar Badan Tetap Sehat dan Kuat

Foto: iStock

Manusia perlu mengkonsumsi vitamin agar tetap sehat dan kuat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Nah, salah satu jenis vitamin yang wajib dikonsumsi adalah vitamin D.

Dilansir Medical News Today, vitamin D sangat penting untuk tubuh karena dapat membantu menyerap kalsium dan fosfor. Selain itu, vitamin D juga punya peran penting dalam menjaga struktur tulang agar tetap kuat.

Salah satu sumber vitamin D yang banyak dikonsumsi masyarakat adalah susu. Namun, sumber vitamin D tak hanya berasal dari minuman saja, tetapi juga ada di sejumlah makanan.

Lalu, apa saja makanan yang mengandung vitamin D? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Makanan yang Mengandung Vitamin D

Ada beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin D, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Mengutip dari berbagai sumber, berikut daftar makanannya.

1. Ikan Salmon
Ikan salmon merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung vitamin D tinggi, sehingga bagus untuk tubuh. Mengutip laman Everyday Health, dalam 100 gram ikan salmon mengandung 526 IU vitamin D, yang mana jumlah tersebut hampir memenuhi kebutuhan vitamin D harian untuk orang dewasa, yakni sebesar 600 IU.

2. Minyak Ikan
Minyak hati ikan kod termasuk ke dalam makanan yang mengandung vitamin D tinggi, lho. Dari hasil sejumlah studi, setiap satu sendok teh minyak hati ikan kod mengandung 448 IU vitamin D.

Selain itu, di dalam minyak ikan juga terkandung vitamin A dan asam lemak omega-3, sehingga dapat membantu tubuh untuk tetap sehat dan kuat.

3. Ikan Haring dan Sarden
Ikan haring dan sarden mengandung vitamin D yang tinggi, walaupun ukuran kedua ikan ini terbilang kecil. Mengutip Healthline, dalam satu porsi ikan haring yang beratnya sekitar 100 gram terdapat sekitar 216 IU vitamin D.

Sementara itu, dalam satu kaleng ikan sarden yang beratnya sekitar 105 gram mengandung sekitar 177 IU vitamin D.

4. Tuna Kalengan
Masih dari kelompok ikan, makanan yang mengandung vitamin D berikutnya adalah ikan tuna kalengan. Menurut studi dari National Health Insurance, dalam 85 gram tuna kalengan mengandung sekitar 154 IU vitamin D.

Selain itu, tuna kalengan juga mengandung sumber niasin dan vitamin K yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

5. Jamur
Jamur ternyata merupakan salah satu sumber vitamin D yang baik untuk tubuh. Di dalam 100 gram jamur terdapat sekitar 125 IU vitamin D.

Namun, perlu diketahui bahwa jamur tak secara alami memberikan jumlah vitamin D yang tinggi. Hal ini tergantung dari seberapa sering jamur terpapar sinar UV matahari. Jadi, jumlah IU vitamin D pada jamur bisa bervariatif.

6. Keju
Makanan yang mengandung vitamin D berikutnya adalah keju. Namun, jumlah kandungannya cukup kecil, yakni sekitar 10-25 IU vitamin D per 50 gram. Salah satu faktor mengapa kandungan vitamin D pada keju bisa bervariasi adalah dari cara pengolahannya.

7. Kuning Telur
Bagi detikers yang ingin memperoleh vitamin D dari makanan yang mudah didapat, cobalah mengkonsumsi kuning telur. Sebab, di dalam satu butir kuning telur terdapat sekitar 37 IU vitamin D.

Namun, jangan lupa untuk mengkonsumsi putih telurnya juga, karena merupakan sumber protein tinggi yang baik untuk kesehatan.

8. Sereal dan Oatmeal
Sereal dan oatmeal merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin D. Umumnya, kedua makanan ini dikonsumsi saat pagi hari, sehingga dapat membantumu tetap kuat dan fokus dalam menjalani aktivitas.

Menurut berbagai studi, dalam semangkuk sereal dan oatmeal mengandung sekitar 40 IU vitamin D. Apabila detikers mengkonsumsinya tanpa pemanis serta menggunakan susu rendah lemak, maka kandungan vitamin D bisa mencapai 60 IU.

Manfaat Vitamin D untuk Tubuh

Apa saja sih manfaat vitamin D jika dikonsumsi setiap hari? Dilansir situs Web MD, berikut sejumlah manfaat vitamin D untuk tubuh:
  • Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi
  • Menjaga fungsi paru-paru
  • Melindungi jantung agar tetap sehat
  • Menjaga fungsi otak
  • Meminimalisir perkembangan kanker
  • Meningkatkan imunitas tubuh


























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "8 Makanan yang Mengandung Vitamin D, Bikin Sehat dan Kuat!"