Hagia Sophia

03 August 2023

Benarkah Air Kelapa dan Susu Ampuh untuk Atasi Keracunan Makanan?

Foto: iStock

Saat keracunan makanan, banyak orang meyakini konsumsi susu dan air kelapa ampuh mengatasinya. Dari sisi medis, begini kata ahli.

Keracunan atau intoksikasi adalah kondisi akibat seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung racun, makanan tidak steril, dan sudah terkontaminasi bakteri.

dr. Delliza Pusvarinidari Eka Hospital BSDmenjelaskan bahwa keracunan makanan umumnya disebabkan oleh kuman, seperti bakteri, jamur, parasit, atau virus yang ikut tertelan bersamaan dengan makanan.

"Hal ini (keracunan) biasanya terjadi karena seseorang mengonsumsi makanan basi atau proses persiapannya tidak higienis yang masuk ke dalam saluran pencernaan dan menimbulkan gejala," ujar dr. Delliza kepada CNBC Indonesia, Selasa (25/7/2023).

"Umumnya, kuman penyebab keracunan membutuhkan waktu yang lama untuk berkembang biak di dalam tubuh. Akibatnya, terkadang gejala tidak langsug masuk dan penyakit ini sulit dideteksi sejak dini," imbuhnya.

Konsumsi susu sapi saat keracunan makanan ternyata tidak dianjurkan karena dapat mengiritasi pencernaan. Foto: Getty Images/iStockphoto/oykuozgu

Hingga saat ini, banyak masyarakat menganggap keracunan makanan bisa diatasi dengan minum susu steril atau air kelapa. Lantas, benarkah hal tersebut?

Menurut dr. Delliza, susu yang telah melewati proses sterilisasi bebas dari semua jenis bakteri. Namun, penderita keracunan justru diminta berhati-hati dalam mengonsumsi olahan susu karena berisiko menimbulkan iritasi pencernaan.

"Jadi, penderita justru perlu menghindari susu dan menggantinya dengan minuman yang menghidrasi dan makanan yang tidak terlalu mengiritasi pencernaan," jelas dr Delliza.

"Selain bisa memengaruhi status hidrasi seseorang, beberapa orang mungkin mengalami intoleransi laktosa sehingga susu bukan pilihan tepat karena semakin melukai pencernaan mereka," lanjutnya.

Sebaliknya, air kelapa justru direkomendasikan oleh dr. Delliza untuk menangani keracunan makanan. Sebab, air kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit.

"Kandungan elektrolit di dalam air kelapa mampu mengembalikan jumlah elektrolit yang hilang untuk penderita keracunan makanan sehingga seseorang bisa pulih lebih cepat," papar dr. Delliza.

Selain itu, kandungan gula yang terdapat di air kelapa diklaim dapat mengembalikan energi dari tubuh yang lemas akibat keracunan. Dengan demikian, penderita keracunan bisa pulih lebih cepat berkat mengonsumsi air kelapa.

Air kelapa disebut lebih efektif untuk mengatasi keracunan makanan. Foto: iStock

Delliza mengimbau masyarakat untuk segera berkunjung ke fasilitas kesehatan bila mulai mengalami gejala keracunan ekstrem, yakni:
  1. Muntah berkelanjutan
  2. Sulit makan dan minum
  3. Muntah dan buang air besar (BAB) berdarah
  4. Nyeri perut hebat
  5. Diare tidak kunjung berhenti selama tiga hari
  6. Mengalami gejala dehidrasi (mulut kering, haus berlebihan, nyeri kepala, demam, sulit BAB)
  7. Gejala neurologi (kesemutan, otot lemah, dan penglihatan kabur)


























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "Minum Susu dan Air Kelapa Ampuh Atasi Keracunan? Ini Kata Ahli"