Hagia Sophia

20 September 2023

Berbagai Kisah Pasien yang Bangun Lagi dari Kematian

Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz)

Peneliti di AS mengklaim telah menemukan 'dimensi realitas baru' setelah mempelajari orang-orang yang bangkit dari kematian. Studi tersebut mengambil data pasien serangan jantung yang menjalani resusitasi jantung paru (CPR) saat mereka berada di ambang kematian.

Diterbitkan secara online di jurnal Resusitasi pada hari Kamis (14/9), penelitian tersebut mengutip tim dokter dari NYU Grossman School of Medicine yang bekerja sama dengan 25 rumah sakit di AS dan Inggris.

Temuan studi tersebut menunjukkan, hingga satu jam setelah jantung pasien berhenti, beberapa pasien yang dihidupkan kembali melalui resusitasi jantung (CPR) memiliki ingatan yang jelas tentang kematian. Mereka juga menunjukkan pola otak yang berkaitan dengan pikiran dan ingatan saat mereka tidak sadarkan diri.

"Menariknya, bahkan hingga satu jam setelah resusitasi, kami melihat lonjakan, munculnya aktivitas listrik otak, sama seperti yang saya alami ketika berbicara atau berkonsentrasi," kata dr Sam Parnia, seorang dokter NYU Langone yang ikut menulis penelitian tersebut.

Ketika berada dalam kondisi 'mati suri', beberapa pasien mengaku kepada peneliti melihat orang-orang terkasih yang telah lama meninggal, melayang di atas tubuh mereka, bahkan terlibat dalam kejaran polisi berkecepatan tinggi saat mereka dihidupkan kembali.

Beberapa dari mereka bahkan mengaku melihat cahaya terang dan sosok halus, sementara yang lain mengalami pengalaman yang lebih mengerikan seperti setan yang mengelilingi mereka.

Berikut sederet pengakuan pasien yang bangun lagi dari kematian.

Melihat Sosok Misterius
Pasien pertama yang tak disebutkan identitasnya, mengaku mendengar dipanggil oleh seseorang berulang kali. Ia juga mengaku melihat hal-hal seperti setan dan monster di sekelilingnya.

"Rasanya seperti mereka mencoba merobek bagian tubuh saya. Di pojok kanan atas dimanapun aku berada, aku bisa melihat seseorang," ucapnya.

"Tidak ada wajah, tapi itu adalah sosok laki-laki. Dia meneriakkan namaku dan meraih tanganku sebelum terlambat. Aku mengulurkan tangan dan merasakan seseorang menarikku ke arahnya. Saya mendengar, "Apakah dia bernapas? Apakah dia bernapas?" imbuhnya lagi.

Pasien kedua juga mengaku melihat sosok misterius. Menurutnya, ia saat itu tengah berada di lapangan luas dengan tenda abu-abu yang tersebar di mana mana. Dia juga mengaku berjalan melewati ngarai atau lembah.

"Di kedua sisi ngarai ada pria berjubah putih dengan tudung yang menyembunyikan wajah mereka. Hal terakhir yang saya ingat adalah mereka semua menunjuk ke arah saya. Lalu dunia ditelan warna abu-abu," imbuhnya.

Dikejar Polisi
Kemudian pasien ketiga mengaku ditangkap polisi lantaran mendatangi rumah yang seharusnya tak dia datangi. Setelah ditangkap, pasien kemudian mengaku masuk ke dalam kubangan atau lubang tanah.

"Ketika aku keluar dari kubangan, aku tidak basah dan seperti menyatu dengan trotoar... Ada seorang nelayan yang bernyanyi tentang gubuk laut di atasku, dan saat itu hujan turun," kata pasien.

Melihat Cahaya
Pasien keempat mengaku melihat sesuatu tempat yang bercahaya, bahkan suasananya sangat tenang di dalam tempat tersebut.

"Tidak ada ruang untuk rasa takut atau kejahatan atau apa pun kecuali cinta ini. Itu lebih indah dari harapan atau pengalaman terbaik saya [di tempat ini]. Itu melampaui sempurna dan penuh kasih, seperti yang kita ketahui sebagai manusia. Tidak ada kata-kata untuk menggambarkannya. Saya sangat senang berada di sana," imbuhnya.

Melihat 'Tubuh' Sendiri
Selain melihat cahaya dan sosok halus, ada juga pasien yang merasa 'keluar' dari tubuhnya, dan melayang-layang di atasnya.

"'Saya tidak lagi berada di tubuh saya. Saya melayang tanpa beban atau fisik. Saya berada di atas tubuh saya dan tepat di bawah langit-langit ruang terapi intensif. Saya mengamati pemandangan yang terjadi di bawah saya," kata pasien.

"Saya, yang bukan lagi tubuh milik saya beberapa saat sebelumnya, mendapati diri saya dalam posisi yang... lebih tinggi. Itu adalah tempat yang tidak ada hubungannya dengan... pengalaman material apa pun," imbuhnya lagi.

Bertemu Keluarga
Kemudian ada juga pasien yang mengaku bertemu dengan keluarganya yang telah lama meninggal.

"Saya pikir saya mendengar nenek saya [yang sudah meninggal] berkata, 'kamu harus kembali," kata pasien.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sederet Kisah Pasien 'Bangun' Lagi dari Kematian, Ada yang Lihat Sosok Misterius"