Hagia Sophia

20 September 2023

Pria Ini Tewas Akibat Lehernya Tertimpa Barbel 100 Kg

ilustrasi (istimewa)

Seorang pria di China tewas setelah lehernya tertimpa barbel yang beratnya lebih dari 100 kg di tempat gym. Peristiwa itu terjadi di sebuah gym di Zhenping, Kota Nanyang, Henan, China.

Dari video yang beredar, kejadian itu berawal saat pria yang diketahui bernama Xiao Hao datang ke sebuah gym sendirian pada 3 Juli 2023. Saat kejadian, ternyata tempat gym itu belum buka.

Pria 27 tahun itu berusaha melakukan bench press dengan barbel seberat 120 kg. Namun, ia gagal hingga membuat barbel tersebut jatuh dan berguling dari dada ke lehernya.

Selama 25 detik, pria itu berusaha mati-matian untuk melepaskan diri. Dia juga mencoba melepaskan semacam sabuk angkat besi yang dipakainya. Namun, dia mulai mengalami kejang hebat dan tiba-tiba lemas.

Sampai pada pukul 14.30, seorang staf gym tiba di tempat dan membuka pintu. Ia kaget melihat Xiao Hao tertimpa barbel dan segera menghubungi nomor darurat.

Ketika petugas medis tiba, mereka menemukan bahwa Xiao Hou telah meninggal dunia dan tidak ada penyelamatan lebih lanjut yang dilakukan.

Penanggung jawab gym yang terlibat, Zhou, mengatakan Xiao Hao pernah bekerja sebagai instruktur kebugaran di tempatnya. Keduanya juga berteman baik. Ia mengenal Xiao Hao sangat kecanduan berolahraga hingga membuatnya tidak terlalu tertarik untuk berhubungan dengan seseorang.

"Dia tidak pernah berpikir untuk berkencan dengan pacar, dia hanya tahu tentang olahraga. Dia bekerja sebagai pelatih pribadi selama sekitar 4 tahun sejak lulus dari perguruan tinggi, dan levelnya sangat bagus. Dia benar-benar profesional dalam pelatihan dan kesadaran," jelas Zhao yang dikutip dari laman News Sina China.

"Saat pertama kali mendengar beritanya, rasanya seperti mimpi. Saya tidak percaya sama sekali. Saya tidak tidur selama dua hari," sambungnya.

Zhao mengatakan saat kejadian, Xiao Hao sudah tidak bekerja sebagai instruktur kebugaran. Ketika ditanya bagaimana Xiao Hao bisa masuk ke tempat gym di luar jam operasional, Zhao mengatakan temannya itu memiliki akses sendiri.

"Dia menyimpan kunci gym untuk dirinya sendiri ketika dia bekerja sebagai instruktur kebugaran di sini," jawabnya.

Zhao masih merasakan kesakitan yang mendalam, pertama karena sahabatnya meninggal secara tidak terduga di gymnya. Hal kedua, karena sikap acuh tak acuh keluarga Xiao Hou setelah kejadian tersebut.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kronologi Pria 27 Tahun di China Tewas usai Leher Tertimpa Barbel 100 Kg"