Hagia Sophia

20 September 2023

Beberapa Obat Penambah Darah Alami untuk Atasi Gejala Anemia

Foto: iStock

Ketika mengalami anemia atau kadar hemoglobin yang rendah, Anda mungkin akan mengalami pusing, lemas, atau gejala lain. Ada banyak obat penambah darah alami yang bisa Anda konsumsi.

Simak 12 obat penambah darah alami dari sayuran atau buah-buahan berikut ini. Ketahui juga apa saja gejala anemia dan berapa kadar hemoglobin dalam darah yang normal.

Obat Penambah Darah Alami

Berikut ini obat penambah darah alami yang bisa Anda konsumsi untuk menangani gejala anemia, dikutip dari laman Kementerian Kesehatan dan RSUD Sawahlunto:

1. Kacang Hijau
Kacang hijau adalah bahan makanan yang juga bisa diolah sebagai minuman untuk menambah darah. Kandungan zat besi, asam folat, dan vitamin C di dalamnya mampu meningkatkan hemoglobin.

Kandungan lainnya juga bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin B6, kalium, kalsium, magnesium, dan natrium.

2. Sayur Bayam
Bayam dikenal mengandung zat besi yang tinggi sehingga dapat mencegah anemia. Zat besi sangat baik untuk membentuk hemoglobin dalam darah.

3. Jambu Biji
Jambu biji sudah banyak diketahui sebagai buah penambah darah. Jambu biji mengandung zat besi tinggi. Selain itu, kandungan vitamin C-nya membantu tubuh menyerap zat besi secara optimal.

4. Kurma
Kurma mengandung mineral dan zat besi yang tinggi sehingga dapat menjadi obat penambah darah alami yang rasanya nikmat. Buah ini baik dikonsumsi saat puasa agar tubuh kembali dalam kondisi prima.

5. Delima
Buah delima dipercaya dapat meningkatkan sel darah merah karena mengandung zat besi, vitamin A, C dan E. Mengkonsumsi delima juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

6. Coklat
Dark chocolate atau cokelat hitam hangat selain bermanfaatkan menurunkan risiko stres, juga dapat memperbaiki sel darah merah.

7. Buah Bit
Buah bit juga mengandung zat besi, asam folat, kalium, dan kaya serat. Buah bit bisa diolah dengan dibuat jus segar dan bermanfaat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

8. Apel
Buah apel tak cuma memberi kesegaran, tetapi juga kaya manfaat. Apel mengandung zat besi, antioksidan, flavonoid, dan kaya serat. Mengkonsumsi buah ini bisa mencegah anemia dan juga baik untuk menu diet Anda.

9. Brokoli
Sayur yang satu ini sering diolah dalam berbagai menu. Kandungannya adalah zat besi dan vitamin C. Vitamin C baik untuk penyerapan zat besi dalam tubuh.

10. Madu
Madu dipercaya mengandung manfaat yang baik untuk berbagai masalah kesehatan. Zat besinya juga dapat mencegah anemia dan bisa mengobati berbagai gejalanya, seperti lemah, letih, dan lesu.

11. Tahu
Tahu dibuat dari kedelai. Kacang-kacangan ini adalah sumber protein dan mengandung zat besi yang baik untuk mengobati anemia.

12. Daging
Obat penambah darah yang terakhir adalah daging merah. Daging ini mengandung zat besi tinggi, sehingga dapat menangani anemia.

Gejala Anemia

Dikutip dari Medical News Today, orang berkadar hemoglobin rendah dapat mengalami anemia. Beberapa gejalanya antara lain sebagai berikut:
  • Pusing
  • Terasa mudah lelah
  • Rasa lemah
  • Sesak napas
  • Detak jantung cepat atau tidak teratur
  • Kulit dan gusi berwarna pucat
  • Memar yang sering muncul atau tidak diketahui penyebabnya
  • Sakit kepala berulang

Berapa Kadar Hemoglobin Normal?

Dilansir dari situs Healthline, kadar hemoglobin diukur dengan satuan gram per desiliter darah (g/dL). Kadar hemoglobin yang normal adalah sebagai berikut:
  • Pria dewasa: 13,5-18 g/dL
  • Wanita dewasa: 12-15 g/dL
  • Anak-anak: 11-16 g/dL
  • Ibu hamil: bervariasi, tetapi umumnya lebih dari 10 g/dL




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "12 Obat Penambah Darah Alami untuk Bantu Atasi Gejala Anemia"