Hagia Sophia

20 September 2023

Akibat Kankernya Sudah Menyebar, Vidi Aldiano Perawatan Tiap 3 Minggu

Vidi Aldiano. (Foto: Pradita Utama)

Penyanyi Vidi Aldiano membagikan kabar mengejutkan mengenai kondisi kesehatannya. Saat ini dia menjalani perawatan intensif setiap 3 minggu karena kankernya menyebar.

"Mungkin banyak yang belum tahu bahwa tahun lalu, titipan Tuhan berupa kanker ini sudah menyebar ke beberapa titik, sehingga mengharuskan gue akhirnya punya appointment spa day ini tiap 3 minggu," tulis Vidi Aldiano di akun Instagram pribadinya dilihat Selasa (19/9/2023).

Vidi memulai perawatan kanker yang dia sebut 'day spa' ini sejak tahun lalu, ketika sel kanker di tubuhnya bermetastasis atau menyebar ke sejumlah titik. Dia juga telah menjadi cancer warrior selama 3 tahun sejak didiagnosa kanker ginjal pada Desember 2019 silam.

Dikutip dari Cancer.org, metastasis berarti kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang berbeda dari tempat awalnya. Ketika ini terjadi, dokter menyatakan kanker telah "bermetastasis."

Metastasis paling sering terjadi ketika sel kanker melepaskan diri dari tumor utama dan memasuki aliran darah atau sistem limfatik tubuh. Sistem ini membawa cairan ke seluruh tubuh. Artinya, sel kanker dapat berpindah jauh dari tumor aslinya dan membentuk tumor baru ketika menetap dan tumbuh di bagian tubuh lain.

Metastasis juga dapat berkembang ketika sel kanker dari tumor utama pecah dan tumbuh di area terdekat, seperti di hati, paru-paru, atau tulang.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Vidi Aldiano Curhat Kankernya Menyebar, Kini Wajib Perawatan Tiap 3 Minggu"