Hagia Sophia

20 September 2023

Unik, Pria Sulsel Ini Minum Semen 4 Kali dalam Sehari

Foto: Pria di Takalar nekat meminum semen. Dokumen Istimewa

Kuli panggul bernama Haris Dg Ngalle alias Rumbu (42) bikin geger lantaran meminum semen bak kopi selama tiga tahun. Pria yang tinggal di Takalar itu bahkan bisa mengonsumsi 3 hingga 4 gelas dalam sehari.

Kebiasaannya itu bermula saat dirinya terjebak di gudang semen toko bangunan tempatnya bekerja. Kehadirannya di dalam gudang tersebut ternyata tak disadari oleh rekannya hingga mengunci gudang dari luar. Terlebih dirinya saat itu dalam kondisi lapar.

"Itu (awalnya) saya minum semen pada waktu 2021. Awalnya itu, saya (kerja) di salah satu (toko) bangunan, saat itu saya menyapu dalam gudang, lalu terkurung," kata Rumbu kepada detikSulsel, Selasa (19/8/2023).

Dari situlah, ia mencari minum dan mencampurkan semen. Menurutnya, saat diminum, haus dan lapar yang dirasakannya menghilang.

Spesialis penyakit dalam dr Aru Ariadno, SpPD-KGEH, mengatakan mungkin saat ini tak memicu gejala apapun, namun lama-kelamaan bisa memicu efek samping serius.

dr Aru mengatakan, semen memiliki kandungan berbahaya yang dapat mengganggu organ tubuh. Bahkan bisa memicu endapan di ginjal seperti batu ginjal apabila dikonsumsi.

"Kandungan semen adalah oksida kapur, oksida silika, oksida alumnia, dan oksida besi," ucapnya saat dihubungi detikcom, Selasa (19/9).

Layaknya sudah dicampur pasir dan batu lalu mengeras, semen yang dikonsumsi juga dapat berisiko menyebabkan obstruksi atau sumbatan di usus. Karenanya, ia mengimbau untuk tidak meminum cairan semen lantaran efeknya yang berbahaya.

"Saat ini mungkin tidak mengganggu. Tapi di kemudian hari bisa mempengaruhi organ tubuh," lanjutnya lagi.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pria Sulsel Minum Semen 4 Kali Sehari, Mau 'Ngecor' Ginjal Bro?"