Hagia Sophia

20 September 2023

Banyak Warga China Gunakan Oksigen Portabel untuk Tingkatkan Produktifitas

Foto: Headway/Unsplash

Viral sebuah tren baru di China yang banyak dilakukan untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam belajar dan bekerja. Bukan dengan kopi atau semacamnya, generasi muda di sana memilih menggunakan oksigen portable.

Dikutip dari South China Morning Post, anak muda di China menggunakan tren oksigen portable ini di tengah tekanan yang tiada henti untuk berprestasi. Tren ini pertama kali dibagikan oleh influencer @Zhimali di platform media sosial Xiaohongshu.

Postingannya yang berjudul 'oksigen lebih bermanfaat daripada kopi' itu langsung viral dan sudah disaksikan lebih dari 5,6 juta orang.

Pemilik akun @Zhimali berusia 26 tahun itu memposting foto dirinya menggunakan mesin oksigen portable di kantornya. Ia mengatakan membeli alat itu untuk mengimbangi rekan-rekannya yang bekerja sampai jam 11 malam setiap malam.

Wanita yang bekerja sebagai manajer produk di Hunan, China, itu menghirup oksigen saat istirahat makan siang. Menurutnya, itu membantunya fokus dan tetap kreatif selama bekerja.

Dia mengatakan efek samping positifnya, atasannya tidak terlalu memaksakan dirinya bekerja setelah melihatnya menghirup oksigen di tempat kerja.

Tren ini juga diikuti oleh mahasiswa dengan akun @Biqibaodiyizhangyumei di platform Xiaohongshu. Mahasiswa 21 tahun itu menggunakan oksigen portable untuk menjernihkan pikirannya saat mengantuk selama belajar.

Menurutnya, alat itu adalah pengganti kopi yang baik. Sebab, jika mengkonsumsi kopi bisa membuat detak jantungnya meningkat sangat tajam.

"Menghirup oksigen lebih seperti plasebo, sebuah isyarat mencari kegembiraan di tengah kesedihan. Saya tidak punya niat untuk menyebabkan nei juan," kata mahasiswa tersebut, menggunakan ungkapan yang menjadi populer secara online dalam beberapa tahun terakhir.

Nei juan, atau involusi, mengacu pada proses melakukan upaya tambahan dalam upaya untuk maju tetapi tidak melihat hasil yang nyata.

Namun tidak semua orang senang dengan perkembangan tersebut. Beberapa orang menganggap praktik ini tidak ada gunanya, atau bahkan kontraproduktif.

"Bahkan keledai pun bisa beristirahat setelah lelah bekerja, dan sekarang orang membayar untuk udara yang kita hirup secara alami," tulis seseorang yang menanggapi postingan @Biqibaodiyizhangyumei.

Pengamat online lainnya menyarankan agar praktik tersebut tidak dilakukan. Ia juga memperingatkan bahwa ketergantungan pada botol oksigen akan berdampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang.

Ahli pernapasan, Mou Xiandong, di Rumah Sakit Tsinghua Changgeng Beijing mengatakan bahwa orang yang berbadan sehat dapat menderita kerusakan paru-paru atau keracunan oksigen. Hal itu dapat menyebabkan masalah pernapasan dan bahkan kematian dalam kasus yang serius.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tren Unik Warga China, Pakai Oksigen Portabel Biar Produktif Kerja"