Hagia Sophia

30 September 2023

Ini Lima Kepiting Termahal Dunia, Harganya Setara dengan Mobil

Foto: Site News/YouTube

Bukan sembarang kepiting, lima kepiting ini terkenal sebagai kepiting termahal di dunia. Harga jualnya mencapai ratusan juta rupiah hingga setara mobil mewah.

Ada beberapa makanan yang memiliki nilai jual tinggi karena kelangkaannya, hingga kualitasnya yang tidak bisa ditemukan di mana-mana. Seperti daging sapi asal Jepang jenis wagyu yang harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah, lalu ada juga jamur truffle langka yang sering dilelang dengan harga fantastis.

Tak ketinggalan aneka seafood seperti ikan tuna sampai kepiting yang menjadi salah satu komoditi mahal. Selama beberapa tahun terakhir banyak jenis kepiting 'sultan' yang bermunculan.

Kepiting-kepiting ini memiliki harga ratusan juta rupiah bahkan setara dengan mobil mewah karena ciri khasnya. Berikut lima kepiting termahal di dunia.

1. Kepiting Tottori

Seharga Mobil Mewah, Ini 5 Kepiting Termahal di Dunia Foto: Site News/YouTube

Seharga Mobil Mewah, Ini 5 Kepiting Termahal di Dunia Foto: Site News/YouTube
Prefektur Tottori di Jepang terkenal sebagai penghasil kepiting jenis snow crab yang berkualitas. Pada akhir tahun 2018 lalu, kepiting snow crab dari Tottori ini berhasil meraih predikat kepiting termahal di dunia.

Bahkan kepiting ini terdaftar dalam buku Guinness World Records. Disebutkan bahwa kepiting ini berhasil dijual dalam acara pelelangan. Harganya mencapai 2 juta yen (Rp 207 juta).

Kepiting ini memiliki berat sekitar 1,28 kg. Tentu saja kepiting super mahal ini tidak akan dimakan. Sang pembeli memutuskan untuk memajang kepiting mahal ini di Tottori Karo Crab Aquarium, yang ada di kota Tottori.

2. Snow Crab

Seharga Mobil Mewah, Ini 5 Kepiting Termahal di Dunia Foto: Site News/YouTube

Masih di wilayah Tottori, kepiting snow crab di sana kembali memecahkan rekor dunia. Setelah di tahun 2018, Prefektur Tottori di Jepang tercatat memiliki kepiting termahal di dunia.

Di akhir tahun 2019 rekor baru kembali dipecahkan. Kali ini pusat pelelangan di Tottori berhasil menjual snow crab seharga $46.000 (Rp 710 juta). Berat kepiting ini sekitar 1,2 kg dengan lebar mencapai 14,6 cm.

Menurut sang penjual meski harga satu kepiting ini setara dengan satu mobil mewah. Tapi untuk masalah rasa tidak akan mengecewakan. Setelah dibeli, daging kepiting snow crab ini akan disajikan di restoran kelas atas di Tokyo.

3. Kepiting Laba-laba

Seharga Mobil Mewah, Ini 5 Kepiting Termahal di Dunia Foto: Site News/YouTube

Kalau jenis kepiting yang satu ini dilelang dalam bentuk benda seni. Beberapa waktu yang lalu tempat lelang Summers Place Auctions di Billinghurst, Inggris, menampilkan koleksi benda seni terbaru.

Di antara fosil ikan purba, muncul kerangka kepiting laba-laba langka yang sangat besar. Kepiting dengan nama Japanese spider crab itu, harganya ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut keterangan dari tempat lelang, kepiting langka ini cocok diletakan di atas bingkai sebagai hiasan di rumah. Kepiting ini dilelang pada tanggal 24 November 2020. Kisaran harga yang ditaksir berkisar dari £8,000 - £12,000 (Rp 150 Juta - Rp 226 Juta).

4. Kepiting Raja Alaska

Seharga Mobil Mewah, Ini 5 Kepiting Termahal di Dunia Foto: Site News/YouTube

Kepiting jenis Raja Alaska masuk ke dalam daftar kepiting termahal di dunia. Proses penangkapannya yang sulit membuat kepiting ini harganya melambung tinggi di pasaran. Bahkan per 100 gram kepiting Alaska bisa dikenakan harga Rp 500.000.

Tapi meski harganya mahal, seorang YouTuber asal Singapura tetap nekat mukbang dengan menu kepiting Alaska. YouTuber bernama Zermatt Neo ini mampir ke salah satu restoran seafood premium di sana.

Ia kemudian memesan banyak hidangan kepiting Alaska berukuran besar, sebagai bentuk perayaan hari ulang tahunnya. Totalnya Zermatt menghabiskan uang sebanyak SGD 6000 (Rp 68 juta) di restoran tersebut.

5. Kepiting Raja

Seharga Mobil Mewah, Ini 5 Kepiting Termahal di Dunia Foto: Site News/YouTube

Seharga Mobil Mewah, Ini 5 Kepiting Termahal di Dunia Foto: Site News/YouTube
Kepiting raja atau king crab memiliki ukuran yang sangat besar dan rasa daging yang enak. Sesuai dengan namanya, kepiting satu ini memiliki harga yang mahal bahkan bisa mencapai puluhan juta.

Lewat salah satu video YouTuber The Food Ranger, mereka menunjukkan seberapa mahal kepiting di wilayah China. DI sana mereka mampir ke salah satu restoran di Guangzhou.

Restoran itu menjual aneka jenis seafood eksotik. Salah satunya King Crab dengan berat di atas 10 kg. Untuk bisa menyantap hidangan ini mereka harus merogoh kocek hingga $3400 (Rp 52,5 juta).




























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "Ini 5 Kepiting Termahal di Dunia yang Harganya Setara Mobil"