Hagia Sophia

30 September 2023

Untuk Atasi Polusi Udara, 108 Gedung di DKI Sudah Terpasang Water Mist

Unit water mist. (dok. BNPB)

Sebanyak 125 unit water mist generator telah dioperasikan di sejumlah gedung tinggi wilayah DKI Jakarta, dalam rangka menekan polusi udara. Juru bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan 125 unit alat penyemprot air itu terpasang di 108 gedung tinggi milik swasta maupun pemerintah daerah.

"Rincian jumlah gedung yang telah terpasang, yakni di Balai Kota DKI Jakarta terpasang sebanyak 2 unit, Jakarta Pusat ada 17 gedung dengan total 17 unit terpasang, dan Jakarta Utara ada 6 gedung dengan total 7 unit terpasang," kata Ani dalam keterangannya, Jumat (29/9/2023).

Selain itu, terdapat 47 unit water mist generator yang telah dipasang di 32 gedung di Jakarta Barat, sedangkan di Jakarta Selatan terdapat 46 unit yang dioperasikan di 46 gedung.

"Terakhir, di Jakarta Timur ada 6 gedung dengan total 6 unit terpasang," jelas Ani.

Ani mengatakan pemasangan water mist generator diharapkan dapat mengurangi polusi udara di DKI Jakarta agar kualitas udara semakin baik.

"(Terdapat) 28 unit water mist sedang berproses dan segera dioperasikan untuk memperkuat upaya memperbaiki kualitas udara," pungkasnya.

Sebelumnya hanya 79 bangunan tinggi milik swasta telah memasang alat water mist generator di atap gedungnya.

"Gedung swasta yang sudah terpasang water mist tercatat sebanyak 79 gedung," kata juru bicara Satgas PPU Pemprov DKI Jakarta Ani Ruspitawati dalam keterangan tertulis, Jumat (22/9).




























Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul "Pemprov DKI Ungkap 108 Gedung Sudah Pasang Water Mist Atasi Polusi Udara"